Politik Pemerintahan

Inovasi Water Front City Cak Machfud Akan Jadikan Sungai Wajah Kota Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Calon Wali Kota (Cawali) Surabaya, Machfud Arifin menegaskan akan membuat sejumlah sentuhan menarik untuk membuat Kota Surabaya semakin cantik. Machfud Arifin ingin menjadikan kota sebagai wajah kota Surabaya melalui inovasi water front city.

“Jika sungai ini kita manfaatkan dan rawat dengan baik banyak manfaat yang bisa kita peroleh,” kata Machfud Arifin.

Sejauh ini, Cak Machfud menilai selain di darat dengan penataan kawasan kumuh, sungai Kota Surabaya juga perlu mendapat perhatian. Sungai-sungai di Surabaya masih menyimpan limbah yang jika didiamkan akan berdampak pada pemukiman di pinggirannya. “Sungai kita ini harus kita rawat dengan baik, kita manusia tidak bisa menciptakan sungai hanya selokan saja. Ini adalah karunia dari Allah SWT, kita manusia harus bisa merawat dan memanfaatkannya.

Penyataan Machfud Arifin bukan tanpa alasan. Banyaknya limbah sungai di Kota Surabaya merujuk pada data Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya. setiap bulan tercatat para petugas mengumpulkan 10,3 ton sampah dari saluran sungai untuk Surabaya Selatan dan Pusat saja.

Bukan hanya limbah fisik, bahkan semasa Pandemi Covid-19 dari data Lembaga Kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah atau Ecological Observation and Wetlands Conservation (Ecoton), menemukan peningkatan polusi klorin. Ecoton mengambil sampel dari Sungai Kali Mas. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan polusi Klorin dari 0,17 ppm (parts per million) meningkat menjadi 0,20 ppm.

Kondisi ini tentu sangat memprihatinkan. Di balik kecantikan hijaunya kota, Surabaya masih menyimpan pembangunan yang tidak totalitas. Hal ini yang menarik eks Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim Jokowi-Amin tersebut untuk mengambil peran untuk mewujudkan kebijakan yang ramah terhadap lingkungan. “Kalau sungai kita bersih, air untuk masyarakat juga akan menjadi lebih bersih. Kita tata pinggiran sungai untuk menunjang hidup sehat,” jelas Cak Machfud.

Kebersihan sungai juga sangat mempengaruhi kualitas hidup masyarakat. Maka menurutnya, pembangunan Kota Surabaya harus terwujud secara merata dan adil. Menurutnya, pembangunan saat ini perlu terus dilanjutkan dan ditingkatkan agar Kota Surabaya menjadi kota metropolitan yang sesungguhnya. “Pembangunan akan saya lakukan secara menyeluruh, baik infrastruktur, tata kota dan masyarakat. Ini bertujuan agar Kota Surabaya menjadi kota metropolitan yang sesungguhnya,” pungkasnya. (hen/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar