Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Inovasi Pertanian, Kades di Lamongan Sukses Tanam Bawang Merah Kawasan Rawa

Bupati YES beserta rombongan saat mengunjungi panen bawang merah hasil Inovasi, di Desa Manyar Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan, Kamis (18/11/2021).

Lamongan (beritajatim.com) – Petani bawang merah di Desa Manyar Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan memunculkan sejumlah inovasi luar biasa di berbagai bidang tak terkecuali bidang pertanian.

Hasil panen pertama dari inovasi yang dilakukan oleh Kepala Desa Manyar dengan cara memanfaatkan lahan tidur di kawasan rawa sebagai lahan tanam warga.

“Lahan tersebut tidur selama ini, jadi dengan adanya inovasi ini (bawang merah), saya berharap warga masyarakat yang berada di wilayah Manyar ini bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk ditanami,” ungkap Kepala Desa (Kades) Manyar, Puji Rahayu Saputro, Kamis (18/11/2021).

Lebih lanjut, Kades Puji menyampaikan, bahwa lahan rawa berukuran 1 hektar yang dimanfaatkan tersebut mampu menghasilkan bawang merah kurang lebih 40 ton saat dipanen.

Lalu, karena meluapnya air sebagai akibat dari hujan yang turun terus-menerus, kata Kades Puji, tanaman bawang merah tersebut harus dilakukan panen lebih awal, yakni yang seharusnya dilakukan 60 hari menjadi 42 hari lantaran banjir.

“Tanah ini sangat cocok, nilai kesuburan tanah dan haranya tinggi. Hasilnya ini sebenarnya bagus dan besar-besar, hanya saja karena memang usianya yang belum cukup, terpaksa harus dipanen lebih awal,” terangnya.

Pada musim tahun depan, Kades Puji berharap, hasil panen bawang merah di tempat tersebut bisa lebih bagus dan melimpah. “Ini kan sebenarnya masa generatif, masa pembuahan, tapi malah kena banjir. Alhamdulillah masih bisa dibawa pulang. Mudah-mudahan musim tahun depan bisa lebih baik,” imbuhnya.

Panen bawang merah hasil Inovasi, di Desa Manyar Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan, Kamis (18/11/2021).

Sementara itu, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi yang berkesempatan mengunjungi panen bawang merah di Desa Manyar tersebut menuturkan, jika kreatifitas tanpa batas ini harus terus digaungkan pada semua lini di Kabupaten Lamongan, guna mencapai kesejahteraan masyarakat Lamongan menuju kejayaan yang berkeadilan.

“Kita semua kadang ragu, apakah bawang merah ini bisa ditanam dan berbuah di kawasan rawa ini. Ternyata luar biasa, Pak Kades dengan segala kreatifitasnya bisa menanam bawang ini, dan ternyata hasilnya cukup bagus,” ucap Bupati YES, sapaan akrab Bupati Lamongan.

Tak hanya itu, Bupati YES juga menambahkan, bahwa bawang merah merupakan pilihan komoditas lain yang ditanam di daerah tersebut. Menurutnya, tanaman ini sangat aman dari serangan hama tikus.

“Ini sebuah pilihan komoditas lain yang ditanam di daerah ini. Ada satu hal yang cukup menarik kata Pak Kades, bahwa tikus tidak menyerang tanaman ini. Sukses Pak Kades dengan inovasinya,” tandasnya.[riq/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar