Politik Pemerintahan

Inovasi dan Kreasi Demi Tingkatkan Layanan Masyarakat

Bupati Pamekasan, Badrut Tamam saat mengisi Webinar Nasional yang digagas DRD Pamekasan, Rabu (21/10/2020).

Pamekasan (beritajatim.com) – Bupati Pamekasan, Badrut Tamam menilai inovasi dan kreasi menjadi bagian dari strategi untuk bekerja dengan menerapkan model out of the box dalam rangka memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat.

Hal tersebut disampaikan saat mengisi materi Webinar Nasional membahas ‘Inovasi Daerah untuk Kesejahteraan Masyarakat’ yang digagas Dewan Riset Daerah (DRD) Pamekasan, Rabu (21/10/2020) lalu.

Dalam kesempatan tersebut, bupati muda yang akrab disapa Ra Badrut juga menyampaikan beberapa syarat untuk merealisasikan inovasi dan kreasi. Meliputi aspek leadership, entrepneneurship, productivity, improvement, management serta profesionalitas.

“Secara teori, inovasi tanpa leadership dan entrepreneurship cenderung gagal. Inovasi kreasi dan leadership tanpa productivitas, management, improvement dan profesionalitas yang bagus juga akan patah,” kata Bupati Badrut Tamam.

Bahkan pihaknya menilai jika inovasi kreasi, entrepneurship dan leadership juga harus menjadi satu kesatuan demi mewujudkan pembangunan yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat. “Dari itu perlu ada tim impian yang memiliki etos dan semangat kerjasama yang padu,” ungkapnya.

Imam S Rizal saat memandu Webinar Nasional yang digagas DRD Pamekasan, Rabu (21/10/2020).

“Dari beragam program inovasi yang mau dilakukan dengan beragam kreativitas yang ingin dicapai harus mengarah pada satu titik yang sama. Sehingga semuanya memiliki sudut pandang yang sama tentang kemajuan yang menjadi impian menuju kemajuan daerah,” jelasnya.

Namun tidak kalah penting dari hal itu, peran serta dan pertisipasi masyarakat juga harus ditingkatkan. “Maju tidaknya suatu daerah ditentukan setidaknya tiga faktor, yaitu inovasi, aparatur dan partisipasi masyarakat. Khususnya partisipasi yang menjadi bagian syarat mutlak dari sebuah keberhasilan pembangunan,” tegasnya.

“Dari itu kami berharap kegiatan seperti ini nantinya dapat menghasilkan sebuah rumusan pilihan strategis untuk merancang beberapa pilihan inovasi dan keras baru di Pamekasan. Secara keseluruhan orientasi pembangunan bisa melaju cepat demi kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Webinar Nasional yang digagas DRD Pamekasan yang dipusatkan di Kantor Bappeda Pamekasan Jl Jokotole 05. Dihadiri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transimigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar yang diplot sebagai keynote speaker.

Termasuk tiga pemateri lain dari bidang berbeda yang diplot sebagai narasumber, masing-masing Bupati Pamekasan, Badrut Tamam, Kepala Puslitbang Inovasi Daerah Kemendagri, Matheos Tan, serta Country Meneger BTG Group, Ferry Fernandi. Dipandu langsung oleh Founder Lebur TV, Imam S Rizal. [pin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar