Politik Pemerintahan

Inilah Potensi Kerawanan Pilkades di Tuban, Perjudian Salah Satunya

Tuban (beritajatim.com) – Sebagai persiapan untuk melakukan pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019 di Tuban, Polres setempat melakukan pemetaan kerawanan yang dimungkinkan terjadi, Selasa (18/6/2019).

Terdapat beberapa potensi kerawanan gangguan ketertiban saat pelaksanaan Pilkades yang akan berlangsung pada 10 Juli 2019. Salah satu kerawanan adalah terjadinya perjudian atau istilahnya botoh dengan memanfaatkan salah satu calon Kades.

Data yang dihimpun beritajatim.com, sedikitnya ada tiga potensi kerawanan yang sudah dipetakan dan menjadi perhatian Polres Tuban. Selain perjudian, potensi lainnya adalah politik uang dan juga memaksakan kehendak untuk memilih calon tertentu.

“Kami sudah melakukan pemetaan deteksi terhadap potensi-potensi kerawanan seperti halnya money politic. Ada juga kerawanan perjudian, yaitu momen Pilkades  dimanfaatkan untuk mencari keuntungan pihak-pihak yang menjadi bandar judi,” terang Waka Polres Tuban Kompol Teguh Priyowasono.

Selain tiga hal utama tersebut, kerawanan lain adalah antisipasi adanya penyebaran berita bohong atau hoaks dengan melakukan fitnah terhadap antar calon. Seperti halnya melakukan pembunuhan karakter, menghasut saat melakukan sosialisasi maupun menjelang pemilihan.

“Dengan adanya potensi-potensi itu kita sudah melakukan antisipasi supaya hal-hal tersebut tidak sampai terjadi saat pelaksanaan Pilkades,” tambah Waka Polres Tuban setelah acara Ikrar Deklarasi Pilkades Damai di Pendopo Krido Manunggal Tuban.

Sementara itu, sampai dengan sejauh ini Polres Tuban menyatakan belum ditemukan adanya peta kerawanan konflik antar warga. Sehingga diharapkan situasi yang kondusif dalam pelaksanaan Pilkades serentak ini bisa terjaga sampai semua tahapan selesai.

“Kami mengimbau seluruh Calon Kades untuk ikut sama-sama menjaga situasi Kamtibmas di wilayah masih-masing. Selain itu untuk menjaga para pendukungnya supaya tetap damai meski beda pilihan,” pungkasnya. [mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar