Politik Pemerintahan

Inilah Makna Nomor Urut Bagi Para Kandidat dalam Pilkada Jember

Jember (beritajatim.com) – Reaksi berbeda-beda ditunjukkan tiga pasangan kandidat bupati dan wakil bupati, saat mengetahui nomor urut yang diperoleh, dalam rapat pleno undian nomor urut pemilihan yang digelar Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jember, Jawa Timur, di Hotel Cempaka Hill, Kamis (24/9/2020) malam.

Kandidat bupati petahana Faida langsung berdiri tegap mengangkat kertas bertuliskan nomor 1 sendirian. Ini mengingatkan pada undian pilkada lima tahun yang lalu saat dia berpasangan dengan KH Abdul Muqiet Arief.

Sementara pasangannya Dwi Arya Nugraha Oktavianto berdiri mengacungkan jari telunjuk kanannya. Namun itu tak lama, karena buru-buru petugas penghubung yang mendampingi berlari mendekati panggung dan memberikan poster kampanye untuk dibentangkan oleh Oktavianto.

Sementara itu, Hendy Siswanto dan Muhammad Balya Firjaun Barlaman yang mendapat nomor urut 2 langsung mengangkat kertas tersebut bersama-sama setinggi mungkin di atas kepala. Pasangan nomor urut 3, Abdus Salam Alamsyah dan Ifan Ariadna Wijaya, juga bersama-sama mengangkat kertas undian tersebut sembari mengacungkan simbol tiga jari ‘metal’ yang akrab dengan anak-anak muda.

“Alhamdulillah, kami bersyukur mendapat nomor (urut) 1 yang berarti ini nomor terbaik yang dipilihkan untuk kami. Ini menandakan satu periode lagi pilih nomor 1 untuk Jember terbaik,” kata Faida.

Sementara, Firjaun melihat nomor urut 2 memiliki makna yang dalam. “Kalau disimpulkan bisa seperti ini: yang ke atas hablum minallah (hubungan dengan Tuhan) dan yang ke samping hablum minannas (hubungan dengan manusia),” katanya mengacungkan jari telunjuk yang menghadap ke atas dan jempol yang mengarah ke samping.

“Kita akan bangun hubungan masyarakat Jember relijius dan kemudian ke samping, hablum minannas-nya, kita makmurkan dan kita sejahterakan warga Jember,” kata Firjaun.

Abdus Salam melihat semua nomor baik. “Tapi alhamdulillah malam ini sesuai harapan kami, kami mendapatkan nomor urut 3. Kami menyingkatnya dengan ‘metal’, yang artinya siap menang total. Bismillah,” katanya. [wir/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar