Politik Pemerintahan

Inilah Formasi CPNS dan CPPPK Tahun 2021 yang Dibutuhkan Kabupaten Lamongan

Lamongan (beritajatim.com) – Berdasarkan rencana Pemerintah Pusat yang hendak melakukan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK) dalam waktu dekat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan segera mengajukan pemenuhan jabatan dan akan membuka lowongan CPNS dan CPPPK tersebut.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bambang Hadjar P SH melalui Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Kepegawaian ASN, Echa Widya Karina SH mengungkapkan, bahwa Pemkab Lamongan telah menetapkan sebanyak 652 formasi jabatan dan sedang melakukan persiapan untuk pengumumannya.

“Ada 652 yang sudah ditetapkan oleh Pemkab Lamongan, tenaga pendidik dan kesehatan mendapat porsi yang cukup besar. Mengenai rinciannya, akan ada 78 tenaga kesehatan, 36 tenaga teknis, dan 538 tenaga pendidik,” ungkap Echa saat dikonfirmasi, Kamis (27/5/2021).

Lebih lanjut, Echa menambahkan, bahwa saat ini di Lamongan akan ada 500an lebih PNS yang pensiun, selebihnya formasi itu sesuai kebutuhan organisasi. Untuk proses pembukaan lowongan CPNS tersebut masih dalam pembahasan, baik secara teknis maupun persyaratan khusus.

“Kemarin rencananya seleksi CPNS akan diumumkan pada tanggal 30 Mei, sementara pendaftarannya dimulai tanggal 31 mei mendatang. Tapi kelihatannya ini mundur,” tambahnya kepada beritajatim.com

Adanya kemunduran yang terjadi, Echa menjelaskan, disinyalir karena belum adanya pengaturan untuk juknis dari Pemerintah Pusat. “Terkait persyaratan kurang lebih seperti tahun kemarin. Tidak ada salahnya bagi calon pelamar mempersiapkan persyaratan umum seperti yang biasanya digunakan untuk mendaftar jadi ASN. Ya, garis besarnya seperti itu,” jelasnya.

Proses penerimaan CPNS dan CPPPK Pemkab Lamongan tahun 2021 ini, Echa menegaskan, dilaksanakan secara terbuka, transparan dan tidak dipungut biaya apapun. Oleh karena itu, apabila ada oknum atau bahkan calo yang menawarkan jasa dengan menjanjikan dapat diterima sebagai CPNS dan CPPPK dengan syarat imbalan tertentu, maka dapat dipastikan hal tersebut adalah penipuan.

“Apabila ada calo yang menjanjikan dapat diterima jadi PNS tapi meminta imbalan tertentu, kami tidak bertanggungjawab atas adanya perbuatan dari pihak atau oknum tersebut,” pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, bahwa lowongan CPNS dan CPPPK ini bisa diakses melalui satu portal informasi, yakni sscasn.bkn.go.id, hal ini jauh lebih simpel dibanding sebelumnya yang harus melihat ke website masing-masing instansi.

Selain itu, di portal resmi sscasn juga sudah terintegrasi dengan data NIK di Dukcapil, data Dapodik Kemdikbud, data STR di Kementerian Kesehatan, dan akses data ijazah dan akreditasi Perguruan Tinggi di Kementerian Ristekdikti. Meski pendaftaran CPNS dan CPPPK akan berlangsung bersamaan, namun pelamar hanya bisa memilih satu formasi.[riq/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar