Politik Pemerintahan

Inilah 10 Daerah Termiskin di Jawa Timur

Sampang (beritajatim.com) – Data terakhir yang diterima oleh Badan Statistik Nasional (BPS) menyatakan bahwa Kabupaten Sampang menempati predikat daerah kabupaten/ kota termiskin di Provinsi Jawa Timur.

“Itu data terakhir tercatat tahun 2019,” terang Nor Amin Setiawan, Kasi Statistik Sosial BPS Sampang, Jumat (21/2/2020).

Apa indikator yang menjadi landasan suatu daerah diketahui sebagai daerah miskin? Nor Amin menjelaskan bahwa pihaknya hanya menyetorkan data ke pusat, di antaranya data makanan dan non makanan. Di situ ada batasan yang dinamakan garis kemiskinan.

“Nanti kalau semua pengeluaran dibagi jumlah anggota keluarga maka akan diketahui keluarga tersebut termasuk miskin atau tidak. Semisal penghasilan sebulan dibagi jumlah keluarga, kalau rata-rata anggota keluarga hanya tercakup Rp 300 ribu per bulan maka itu dikatakan sebagai keluarga miskin,” imbuhnya.

Lanjut Nor Amin, penduduk miskin masih berkutat di bidang pertanian karena sebagian besar hanya mengandalkan hasil tani sistem tadah hujan. “Untuk mengentaskan kemiskinan ini diperlukan inovasi yang sangat besar,” tandasnya. [sar/but]

10 Kabupaten/ Kota Termiskin di Jatim Versi BPS:

1. Kabupaten Sampang
2. Kabupaten Sumenep
3. Kabupaten Bangkalan
4. Kabupaten Probolinggo
5. Kabupaten Tuban
6. Kabupaten Ngawi
7. Kabupaten Pamekasan
8. Kabupaten Pacitan
9. Kabupaten Bondowoso
10. Kabupaten Lamongan

Apa Reaksi Anda?

Komentar