Politik Pemerintahan

Ini Tips Saring Informasi ala Fandi Utomo

Surabaya (beritajatim.com) – Di tahun politik, penyebaran informasi sering kali begitu massif. Tak jarang, berita hoax pun merebak di tengah masyarakat dan meresahkan.

Untuk mengatasi permasalahan itu, Caleg DPR RI asal PKB untuk Dapil Jawa Timur 1 Surabaya-Sidoarjo dengan nomor urut 3 Ir. Fandi Utomo memiliki resep khusus.

“Resep ini berasal dari 4 abad sebelum masehi milik filsuf terkenal Socrates,” katanya kepada para relawan dan pendukungnya di Kecamatan Krembangan, Senin (21/1/2019).

Mantan dosen ITS ini lebih lanjut menjabarkan resep manjur menangkal hoax. “Pertama, dicek dulu apakah informasi itu benar. Kalau bukan, jangan disebar. Kedua, apakah informasi itu membawa kebaikan. Dan ketiga, apakah informasinya memberi manfaat apabila disebar,” ujar Fandi Utomo.

“Jadi, kalau sebuah informasi tidak benar dan membawa keburukan serta terlebih lagi tidak memiliki manfaat ya jangan disebarkan,” tambah mantan Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu.

Dari kaca mata agama, Fandi Utomo juga memiliki pendapat terkait penyebaran hoax. “Sejak 1.500 tahun yang lalu, agama Islam melarang penyebaran hoax,” ujarnya.

“Penyebaran kabar bohong atau hoax ini bahkan dari kaca mata agama sudah termasuk dosa,” pungkas pria yang santer disebut bakal berkontestasi di Pilwali Surabaya 2020 ini. [ifw/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar