Politik Pemerintahan

Ini Tempat-tempat di Ponorogo yang Diujicoba Penerapan New Normal

Bupati Ipong Muchlissoni

Ponorogo (beritajatim.com) – Meski tidak ditunjuk Pemerintah Pusat sebagai kabupaten atau kota percontohan penerapan new normal, Pemkab Ponorogo berencana melakukan uji coba new normal sendiri. Dengan harapan, suatu saat jika seluruh di Indonesia sudah menerapkan new normal, kabupaten yang identik dengan kesenian reyog ini sudah sangat siap.

“Walaupun Pemerintah Pusat belum memutuskan kapan pemberlakuan ujicoba new normal, kami akan memulainya dalam waktu dekat. Insya Allah tanggal 2 Juni 2020,” kata Bupati Ipong Muchlissoni, Minggu (31/5/2020).

Tercatat ada beberapa tempat keramaian di Ponorogo yang dilakukan uji coba penerapan new normal tahap pertama. Di lingkungan Pemkab, ada kantor Dispendukcapil dan DPMTPSP. Di sektor niaga ada mal PCC dan Toserba Ponorogo Permai.

Untuk jalan protokol meliputi jalan Gajah Mada, Jenderal Sudirman, Suromenggolo, Soekarno-Hatta. Sedangkan untuk kawasan tempat wisata, yakni telaga Ngebel. “Kalau sudah diujicobakan di tempat-tempat tersebut, tidak menutup kemungkinan seminggu kemudian ditambah lagi titik-titiknya, misalnya di pasar atau masjid,” katanya.

Orang-orang yang berada di tempat uji coba new normal itu, wajib memakai masker. Ada tempat untuk mencuci tangan, dan menjaga jarak aman, minimal 1 meter. Ada petugas nantinya yang akan mengawasi. Misalnya di mal PCC atau Toserba Ponorogo Permai, yang ditugaskan untuk menegakkan peraturan penanganan Covid-19 ya dari pihak mereka masing-masing.

“Kalau ada orang yang tidak pakai masker, ya terpaksa akan diusir dari tempat yang diujicobakan penerapan new normal tersebut,” pungkasnya. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar