Politik Pemerintahan

Ini Pola Pengamanan Debat Publik Pilkada Ponorogo

Kabag Ops Polres Ponorogo Kompol Basuki Nugroho(foto/dok.beritajatim.com)

Ponorogo (beritajatim.com) – Debat publik antar pasangan calon (paslon) dalam Pilkada Ponorogo akan digelar pada pukul 19.30 WIB pada Minggu (1/11) malam nanti. Untuk kelancaran pelaksanaan debat, Polres Ponorogo rencananya akan mengerahkan ratusan petugas untuk pengamanan debat yang akan disiarkan langsung lewat chanel televisi lokal dan media sosial resmi milik KPU Ponorogo.

“Pola pengamanan untuk debat malam nanti, ya seperti pengalaman pengamanan saat pengundian nomor urut paslon beberapa waktu yang lalu,” kata Kabag Ops Polres Ponorogo Kompol Basuki Nugroho, Minggu sore.

Namun perbedaan dari pengaman sebelumnya, kata Kompol Basuki bahwa pihaknya akan mempertebal lagi kekuatan pasukan. Yakni mengerahkan lebih dari 200 petugas untuk keamanan, baik itu tertutup maupun terbuka. Selain itu, Polri juga akan dibantu dari TNI sebanyak satu pleton.

“200-an petugas nantinya ya fokus di lokasi yakni sekitar Gedung Sasana Praja. Namun saat pemberangkatan para paslon ke tempat debat juga akan kami kawal,” katanya.

Kompol Basuki berharap masing-masing paslon tidak membawa massa pendukungnya. Karena sudah jelas, yang masuk ke ruangan debat jelas dibatasi. Masing-masing paslon hanya boleh membawa 4 orang tim kampanye. Jadi untuk simpatisan, pendukung atau delegasi dari partai pengusung biar melihat langsung di televisi atau siaran langsung di media resmi KPU. Jika ada massa yang mendekati lokasi debat, akan dihimbau untuk bubar.

“Perlu dicermati, tidak perlu datang ke gedung Sasana Praja, karena percuma tidak boleh masuk. Saat pandemi ini, ada pembatasan dan harus patuh pada protokol kesehatan,” pungkasnya. [end/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar