Politik Pemerintahan

Ini Penyakit yang Harus Diwaspadai Saat Musim Hujan Tiba

Apel siaga bencana di Kota Malang.

Malang (beritajatim.com) – Musim hujan telah tiba, puncak musim hujan diprediksi bakal terjadi pada pertengahan Januari hingga pertengahan Februari 2020. Selain ancaman banjir akibat curah hujan tinggi, potensi wabah penyakit juga wajib diperhatikan masyarakat.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Malang, dr. Husnul Muarif mengatakan, genangan air yang muncul bisa menjadi sarang berkembang biaknya Aedes Aegypti penyebab demam berdarah dengue (DBD). Untuk itu masyarakat wajib memperhatikan kebersihan lingkungan. “Saat musim hujan seperti ini, potensi penyakit ya demam berdarah. Nyamuk penyebab DBD ini paling suka genangan air,” ujar Husnul, Rabu, (8/1/2020).

Husnul mengatakan, angka kasus DBD di Kota Malang dari tahun ke tahun berkisar 200 kasus. Pada tahun 2019 ada 200 lebih kasus DBD dengan dua orang dinyatakan meninggal dunia. Jumlah ini bisa ditekan dengan pencegahan dini. Mulai dari membersihkan lingkungan sekitar serta memberikan edukasi pada warga lain tentang pencegahan penyakit.

“Kesadaran masyarakat menerapkan program Gerakan Angkat Sampah dan Sedimen (GASS) kita harapkan bisa berkontribusi. Kami imbau masyarakat melakukan pencegahan mandiri dengan membersihkan genangan air di lingkungan sekitar, jangan gantung baju juga di rumah, karena itu bisa jadi tempat perlindungan nyamuk,” tandas Husnul. (luc/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar