Politik Pemerintahan

Ini Materi Tes Wawancara PPS Pemilu 2024 yang Akan Diujikan KPU Kota Blitar

Tes Tulis PPS Pemilu 2024 yang gelar oleh KPU Kota Blitar

Blitar (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar akan menggelar tes wawancara bagi peserta calon anggota panitia pemungutan suara atau PPS Pemilu tahun 2024. Tes wawancara PPS Pemilu 2024 ini rencananya akan digelar KPU Kota Blitar pada tanggal 15 hingga 17 Januari 2023 mendatang.

KPU Kota Blitar pun telah menyiapkan sejumlah kisi-kisi tes wawancara yang bisa dipelajari oleh peserta calon PPS Pemilu 2024. Total ada 4 materi yang akan diujikan oleh KPU Kota Blitar kepada calon anggota PPS Pemilu 2024 yang mengikuti seleksi wawancara.

Materi pertama yang akan diujikan oleh KPU Kota Blitar dalam tes wawancara adalah pengetahuan seputar Pemilu. Materi yang kedua adalah berkaitan dengan komitmen peserta yang meliputi integritas, independensi serta profesionalisme.

Materi selanjutnya yang akan diajukan saat wawancara oleh KPU Kota Blitar rekam jejak anggota PPS Pemilu. Materi terakhir yang akan diujikan oleh KPU Kota Blitar Klarifikasi tanggapan dan masukan masyarakat.

Berkaitan dengan klarifikasi tanggapan dan masukan masyarakat ini, KPU Kota Blitar juga akan mendapatkan masukan dari Bawaslu Kabupaten Blitar mengenai nama-nama yang masuk dalam sistem informasi partai politik (Sipol). 

“Ada 4 kisi-kisi materi yang kami akan ujikan dalam seleksi wawancara besok, termasuk juga soal masukan dari Bawaslu mengenai data peserta yang tercantum dalam Sipol,” kata Rangga Bisma Aditya, Komisioner KPU Kota kepada beritajatim.com, Jumat (13/01/2023).

Adapun jumlah peserta calon anggota PPS Pemilu 2024 yang akan mengikuti tes wawancara berjumlah 182 orang. Ratusan peserta calon PPS Pemilu 2024 itu berasal dari seluruh kelurahan di 3 kecamatan yakni Kecamatan Sananwetan, Kepanjenkidul, dan Sukorejo.

Total peserta calon anggota PPS Pemilu 2024 yang ikut tes tulis sendiri berjumlah 272 orang dari jumlah tersebut sebanyak 90 orang dinyatakan gugur.

Sementara untuk tingkat kebutuhan PPS Pemilu tahun 2024 di Kota Blitar mencapai 63 orang. Sementara 63 lainnya akan ditetapkan sebagai cadangan pengganti PPS terpilih jika mengalami permasalahan. “Total peserta yang lolos seleksi wawancara ada 182 orang dari 3 kecamatan” imbuhnya.

Pelaksanaan tes wawancara PPS Pemilu tahun 2024 ini akan dilakukan oleh KPU Kota Blitar selama 3 hari mulai tanggal 15 hingga 17 Januari 2023. Pada tanggal 15 Januari 2023, pelaksanaan tes wawancara akan digelar untuk calon anggota PPS wilayah Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar.

Sementara pada tanggal 16 Januari 2023 KPU Kota Blitar akan menggelar uji wawancara bagi calon PPS Wilayah Kecamatan Sananwetan. Di hari terakhir yakni pada tanggal 17 Januari 2023, KPU Kota Blitar akan menggelar tes wawancara bagi peserta calon anggota PPS Pemilu tahun 2024 wilayah kecamatan Sukorejo.

Kegiatan seleksi wawancara ini akan digelar KPU Kota Blitar mulai pukul 8 pagi hingga 9 malam. KPU Kota Blitar pun mengimbau agar seluruh calon anggota PPS Pemilu tahun 2024 untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin agar dapat lolos ke tahap selanjutnya. “Seleksi wawancara ini akan kami gelar selama 3 hari masing-masing untuk kecamatan, kami harap dengan para peserta bisa menyiapkan diri sebaik mungkin,” pungkasnya. (owi/kun)

 

Caption foto: Tes Tulis PPS Pemilu 2024 yang gelar oleh KPU Kota Blitar

 

 

Apa Reaksi Anda?

Komentar