Politik Pemerintahan

Ini Lima Syarat Bangsa Kokoh dan Lima Fokus ‘Indonesia Menang’ Prabowo

Jakarta (beritajatim.com) – Calon Presiden Prabowo Subianto dalam pidato kebangsaannya menegaskan, pihaknya akan melakukan reorientasi pembangunan dan pengelolaan Republik Indonesia.

“Reorientasi pembangunan dan pengelolaan Republik Indonesia diperlukan, karena bangsa yang kokoh hanya bisa diwujudkan jika negara tersebut bisa lima hal. Yakni, swasembada pangan, swasembada energi, swasembada air bersih, memiliki lembaga-lembaga pemerintahan yang kuat dan angkatan perang yang unggul,” tegasnya saat pidato di Plenary Hall JCC, Senin (14/1/2019) malam.

Lembaga pemerintahan kuat yang dimaksud Prabowo adalah sistem yudikatif, hakim-hakim yang unggul dan jujur, jaksa-jaksa yang unggul dan jujur, polisi-polisi yang unggul dan jujur, intelijen yang unggul dan setia kepada bangsa serta rakyat.

“Untuk angkatan perang yang unggul adalah tentara yang kuat, tentara rakyat yang setia kepada rakyat dan bangsa. Tentara yang tidak kalah dengan tentara-tentara terbaik
di dunia,” tuturnya.

Prabowo juga memiliki lima fokus dalam visi misi Indonesia Menang. Fokus pertama adalah mewujudkan ekonomi yang mengutamakan rakyat, yang adil dan makmur. “Ekonomi harus untuk rakyat, bukan rakyat untuk ekonomi,” kata Prabowo.

Prabowo mengatakan dalam mewujudkan hal tersebut dimulai dengan membuka lapangan pekerjaan bagi seluruh masyarakat. Hal ini, kata dia, akan berdampak pada daya beli masyarakat jika telah mendapatkan pekerjaan.

Selain itu, kata Prabowo dalam menjaga perekonomian yang mengutamakan rakyat yaitu dengan membangun infrastruktur yang tepat sasaran, yang memberikan manfaat dan nilai.

Fokus kedua, lanjut dia, adalah meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan sosial dengan memerangi kemiskinan, meningkatkan layanan kesehatan dan kualitas pendidikan.

Prabowo menyebutkan negara harus memmperhatikan gaji-gaji dokter, guru-guru, para siswa dengan menyediakan berbagai beasiswa, atlet hingga santri. “Kami akan perbaiki tata kelola BPJS dan jaringan sosial untuk mencegah defisit dan meningkatkan layanan kesehatan,” ujarnya.

Prabowo mengatakan untuk fokus yang ketiga, yakni memastikan keadilan hukum dan menjalankan demokrasi yang berkualitas. Prabowo dan koalisinya akan menjamin kebebasan berserikat, menghentikan persekusi hingga kebebasan pers.

Lembaga penegak hukum, menurut Prabowo harus diperkuat, KPK untuk memberantas korupsi, lalu kepolisian, kejaksaan hingga kehakiman. “Negeri ini tidak boleh pandang bulu dan tebang pilih dalam penegakan hukum,” imbuhnya.

Selanjutnya fokus keempat, Prabowo melanjutkan, akan menjadikan Indonesia rumah yang aman, nyaman bagi seluruh rakyat Indonesia. “Keamanan nasional dan kedaulatan NKRI adalah prasyarat untuk pembangunan, dan kemajuan bangsa,” tukasnya.

Sedangkan fokus kelima adalah penguatan karakter dan kepribadian bangsa. Hal tersebut adalah dasar untuk menjadi bangsa yang kuat. “Karena bangsa yang berdaulat, makmur dan menang harus melalui proses nation building, yang dicapai dari pembangunan karakter bangsa,” tuturnya.

Prabowo menyatakan akan berjanji dengan koalisinya nanti untuk mengabdi dan bekerja keras untuk mewujudkan visi misi Indonesia Menang. [tok/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar