Politik Pemerintahan

Ini Laporan Pengaduan Masyarakat ke Bawaslu Banyuwangi

Banyuwangi (beritajatim.com) – Bawaslu Banyuwangi menerima laporan selama pra pemilu dan pasca pemungutan suara pemilu 2019. Ada lima laporan dalam bentuk pengaduan masyarakat berdasarkan peristiwa di lapangan.

“Kita mengkategorikan laporan yang masuk ini adalah pra pemilu mulai hari tenang itu total dugaan pidana pemilu itu ada tiga. Dugaan money politik itu yang dilaporan kepada kita. Satu sudah diproses dan klarifikasi, satu sudah diregister tinggal proses diklarifikasi, kemudian yang satu dilaporkan tapi belum lengkap syarat form materiilnya terkait dugaan money politik di Kecamatan Kalipuro,” ungkap Hasyim Wahid, Koordinator Divisi Organisasi dan SDM, Bawaslu Banyuwangi, Rabu (24/4/2019).

Selain itu, kata Hasyim, Bawaslu juga mendapat pengaduan terkait netralitas Aparatur Sipil Negera (ASN) saat pemilu berlangsung. Ditambah, laporan soal etik terkait anggota Bawaslu yang ada di lapangan.

“Yang ASN itu di Kecamatan Cluring, dia berpose memperlihatkan dukungan kepada salah satu capres. Laporannya masuk tapi belum kita proses karena form materiil belum lengkap. Beberapa kali kami hubungi yang melaporkan untuk mengisi form laporan tapi belum ditanggapi. Itu laporan yang dilaporkan oleh masyarakat,” pungkasnya. [rin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar