Politik Pemerintahan

Ini Kriteria Cawabup Pilihan Ipong Maju Pilkada Ponorogo 2020

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni (dok.beritajatim.com)

Ponorogo (beritajatim.com) – Pemilihan bupati (Pilbup) Kabupaten Ponorogo masih akan digelar pada tahun depan. Namun perbincangan siapa yang akan maju sudah mulai dibicarakan akhir-akhir ini.

Sementara ini yang jelas menyatakan sikap akan maju, dari bupati petahana, Ipong Muchlissoni. Namun teka-teki siapa yang bakal mendampingi Ipong sebagai calon wakil bupati (cawabup) masih menjadi misteri. Pasalnya cabup yang mendampinginya saat ini, menurut kabar yang berhembus dimasyarakat juga akan maju menjadi cabup untuk pemilihan 2019 nanti.

”Untuk posisi cawabup masih sangat cair, saya belum memutuskan. Mungkin nanti kira-kira bulan Maret 2019 baru diputuskan,” kata Ipong Muchlissoni, Rabu (6/11/2019).

Ipong mengungkapkan jika saat ini ada tiga partai di Ponorogo yang secara terbuka menginginkan kadernya untuk digandeng menjadi bakal cawabup. Ketiga partai tersebut, yakni Partai Demokrat, PDI Perjuangan dan PKB.

”Nah kalau di PKB itu mengusulkan dari kalangan NU struktural,” katanya.

Namun Ipong mempunyai kriteria sendiri terkait cawabup yang diinginkan. Dimana nantinya punya chemistry dengan dirinya. Selain itu, cawabupnya nanti harus memiliki hati yang seluas samudra. Karena wabup ibarat kata pekerjaan yang makan hati.

”Sebab wakil bupati itu hanya mewakili, kalau tidak bisa mewakili ya sudah,” ungkapnya.

Ipong menceritakan pada tahun 2015 memilih Soedjarno, karena juga dianggap memenuhi syarat yang dia inginkan. Soedjarno dianggap sabar, memiliki jiwa pengabdi, dan loyal. Selain itu usianya yang sudah 60 tahun lebih, tentunya sudah matang dalam pemerintahan.

”Kalau nanti tidak pecah kongsi, Pak Jarno termasuk yang masih saya pertimbangkan untuk jadi wakil bupati,” pungkasnya.(end/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar