Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Ini Jadwal Libur Lebaran Para ASN di Ponorogo

Ponorogo (beritajatim.com) – Lebaran Idul Fitri tahun 2022 nampaknya lebih gayeng dari pada lebaran dua tahun belakangan ini. Meski masih dalam kondisi pandemi Covid-19, libur lebaran tahun ini lebih panjang dari libur pada dua edisi lebaran terakhir.

Bagaimana tidak, Pemerintah sudah menetapkan bahwa cuti bersama di momen lebaran ini selama 4 hari. Yakni pada tanggal 29 April, dan 4,5,6 Mei 2022. Libur untuk aparatur sipil negara (ASN) ini sudah ditetapkan lewat Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 menteri. Yakni menteri agama, menteri PAN-RB dan Menteri Tenaga Kerja.

“Nantinya, para ASN di Ponorogo akan masuk pada hari Senin tanggal 9 Mei 2022. Untuk tanggal 7 dan 8 Mei itu juga ketepatan libur akhir pekan,” kata Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Ponorogo, Andi Susetyo, Rabu (20/4/2022).

Namun, kebijakan itu tidak berlaku untuk ASN yang bekerja di RSUD dr. Harjono Ponorogo yang biasanya 6 hari kerja. Sehingga masuk pasca libur lebaran yakni pada hari Sabtu tanggal 8 Mei 2022. Andi menyebut jika ditotal dengan libur nasional, libur akhir pekan dan cuti bersama, para ASN ini libur sebanyak 10 hari.

“ASN yang 5 hari kerja, jika ditotal ada 10 hari libur di momen lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah ini,” ungkap mantan kepala Dinas Pertanian tersebut.

Tidak hanya itu, Pemerintah juga memperbolehkan ASN untuk mengambil cuti tahunan langsung setelah libur dan cuti bersama lebaran. Namun, meski diperbolehkan, meraka tetap harus melihat kondisi beban kerja di organisasi perangkat daerah (OPD), tempatnya bekerja. Sehingga nanti yang memberikan izin, boleh tidaknya cuti tahunan pasca libur lebaran tetap berada di tangan pimpinan OPD.

“Hingga saat ini, belum ada laporan dari Kepala OPD, terkait ASN yang mengajukan cuti pasca lebaran,” katanya.

Cukup lamanya libur ASN di momen lebaran kali ini, juga melonggarkan ASN itu untuk melakukan mudik. Tetapi yang harus digarisbawahi, mudiknya harus menaati sesuai dengan aturan protokol kesehatan. Sebab, saat ini Pemerintah juga belum mencabut status pandemi Covid-19 di Indonesia.

“ASN boleh mudik, asal sesuai dengan protokol kesehatan (prokes) yang ditetapkan oleh Pemerintah,” pungkasnya. (end/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar