Politik Pemerintahan

Ini Hmbauan MUI Gresik Selama Ramadan di Tengah Pandemi Covid-19

Gresik (beritajatim.com) – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gresik mengeluarkan surat imbauan bagi kaum muslim selama Ramadan 1441 H/2020 M di tengah pandemi Covid-19.

Ada lima poin yang tertuang dalam surat yang dikeluarkan oleh MUI Kabupaten Gresik. Dari kelima poin tersebut salah satu himbauannya adalah apabila di kecamatan/desa yang oleh instansi berwenang, ditetapkan sebagai daerah rawan penyebaran Covid-19/zona merah/PSBB. Maka umat islam untuk sementara tidak melaksanakan ibadah dengan melibatkan orang banyak. Misalnya, sholat jumat, sholat taraweh, tadarusan, sahur bersama serta sholat Idul Fitri di masjid atau tempat umum lainnya.

Ketua Umum MUI Gresik, KH. Mansoer Shodiq mengatakan, terkait dengan itu MUI menghimbau agar umat islam melakukan kegiatan di rumah dengan mengajak keluarga dengan cara memperbanyak ibadah sunnah, membaca Al-Qur’an, berdzikir, dan berdoa.

“Selama Bulan Ramadan umat islam selain diwajibkan menjalankan ibadah puasa dengan sebaik-baiknya sesuai aturan syara, juga diperintahkan untuk memperbanyak amal saleh,” katanya, Senin (20/04/2020).

KH Mansoer Shodiq juga menghimbau buka puasa dan sahur hendaknya dilakukan oleh individu bersama keluarga inti, tidak menyelenggarakan acara buka puasa dan sahur bersama yang mengundang banyak orang. “Sholat sunah tarawih dilakukan secara berjemaah dengan keluarga atau sendiri di rumah masing-masing, tidak di masjid atau di musala atau di tempat lain yang dihadiri banyak orang,” ujarnya.

Ia juga meminta kepada aparat keamanan untuk menindak tegas pelarangan peredaran miras, petasan yang dapat menganggu kekhusyukan ibadah di Bulan Ramadan. Disamping juga bisa membahayakan jiwa pelaku maupun orang lain. “Buat aparat keamanan lakukan tindakan tegas sesuai protap atau prosedur yang berlaku,” tandasnya. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar