Politik Pemerintahan

Ini Gagasan Fandi Utomo untuk Minimalkan Banjir Rob di Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Banjir rob yang sering kali mengintai Kota Surabaya di setiap pasang air laut turut menjadi perhatian bagi Caleg DPR RI asal PKB untuk Dapil Jatim 1 Surabaya-Sidoarjo dengan nomor urut 3 Ir. Fandi Utomo.

Dalam kunjungannya ke kawasan Kalianak yang bertepatan dengan banjir rob tiba, Fandi Utomo turun langsung memantau sungai yang menjadi penyebab fenomena itu.

“Ini perlu penanganan serius dan segera. Apabila dibiarkan, tentunya akan berbahaya bagi penduduk yang bertempat tinggal di wilayah ini. Mereka bisa rentan terhadap penyakit kulit maupun penyakit menular lainnya,” tegas pria yang akrab disapa FU itu.

Salah satu metode yang bisa menjadi solusi kongkrit, menurut mantan dosen ITS itu, ada beberapa metode. “Pertama yang jelas adalah perlu normalisasi sungai agar aliran airnya lebih lancar,” beber Fandi Utomo.

“Kedua adalah pemasangan plengseng supaya lebih kuat lagi ini. Jadi bisa meminimalkan potensi banjir rob ini,” tambah pria yang santer disebut bakal maju pada kontestasi Pilwali Surabaya 2020 itu.

Sementara itu Zahri selaku Ketua RW setempat mengaku selama ini belum ada perhatian serius yang diberikan oleh Pemkot Surabaya. “Walau kita sering didatangi jajaran Pemkot, tapi belum ada langkah serius dan kongkrit yang diambil,” cetusnya.

“Padahal setiap rob ini banyak juga ular yang masuk ke pemukiman warga. Berbahaya sekali. Banjir rob yang biasanya setiap bulan 4 hingga 7 ini bisa sampai selutut orang dewasa. Kasian anak-anak disini,” pungkas Zahri. [ifw/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar