Politik Pemerintahan

Ini Dia, Desa Tangguh Bencana dari Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Desa Bedanten, Kecamatan Bungah, Gresik, dipuji oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Pujian itu dilontarkan karena desa tersebut sebagai kawasan tangguh bencana dengan kategori utama. Alasannya, Desa Bedanten memiliki kemampuan mandiri dalam menghadapi potensi ancaman bencana.

Atas dasar itu, Gubernur Khofifah memberikan apresiasi penghargaan kepada Wabup Gresik, M.Qosim. “Alhamdulillah, salah satu desa kami, yakni Desa Bedanten, Kecamatan Bungah mendapat apresiasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagai Desa Tangguh Bencana,” ujar M.Qosim, Sabtu (12/10/2019).

Dirinya menjelaskan, tingkat keterlibatan masyarakat Desa Bedanten dalam menghadapi potensi ancaman bencana serta penanggulangan terhadap bencana memang sangat tinggi. “Kepedulian masyarakat sekitar dalam menghadapi potensi adanya bencana juga terlihat baik, mereka juga aktif terlibat dalam pelatihan penanggulangan bencana melalui mitigasi bencana,” imbuhnya.

Desa Bedanten tersebut memiliki potensi bencana banjir, karena lokasinya berada pada jalur aliran bengawan solo. Sehingga apabila terjadi luapan air Bengawan Solo, maka Desa Bedanten akan terdampak.

Dalam proses mitigasi bencana, Kepala Desa (Kades) Bedanten Abdul Majid menjelaskan, bahwa pihaknya dibantu warga setempat telah menyiapkan jalur evakuasi dan mempunyai lokasi yang dinilai aman untuk penanganan dan posko bencana.

“Untuk mitigasi bencana, warga setempat kami libatkan sebagai relawan, mereka juga pernah memperoleh pelatihan dari BPBD Gresik terkait dengan penanggulangan bencana. Untuk posko, kami menggunakan area SDN Bedanten dan Madrasah Aliyah karena di sana lokasinya cukup aman,” paparnya.

Ia menambahkan, keterlibatan pemerintah daerah juga dituangkan dalam upaya meningkatkan kesadaran warga terhadap kebersihan lingkungan, utamanya dengan tidak membuang sampah sembarangan. [dny/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar