Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Ini Daftar Pilkades Serentak di Pamekasan

Simulasi pengamanan Pemilihan Kepaka Desa (Pilkades) Serentak 2022 di Gedung Bhayangkara, Kompleks Mapolres Pamekasan, Jl Stadion 81, Kamis (21/4/2022). [Gambar: Humas Polres Pamekasan]

Pamekasan (beritajatim.com) – Sebanyak 74 Desa di 13 kecamatan berbeda di kabupaten Pamekasan, akan menggelar pesta demokrasi tingkat desa, yakni Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak, Sabtu (23/4/2022) besok.

Pilkades serentak tersebut seyogyanya digelar pada 2021 lalu namun karena bersamaan dengan pandemi Coronavirus Disease 2019 akhirnya ditunda. Sehingga posisi Kepala Desa (Kades) di 74 desa tersebut, ditunjuk sosok Pelaksana Tugas (Plt).

Hal tersebut tidak lepas karena jabatan ke-74 kades tersebut, dipastikan mengakhiri masa jabatan mereka sebagai pemimpin desa pada Desember 2021. Sehingga ditunjuk Plt Kades untuk menjalankan roda pemerintahan desa sesuai dengan regulasi dan perundang-undangan yang berlaku.

Bahkan diputuskan adanya penundaan Pilkades Serentak, terdapat sejumlah elemen masyarakat yang melakukan unjukrasa dan mendesak pemerintah kabupaten (Pemkab) Pamekasan, agar segera menetapkan dan menggelar Pilkades seiring dengan masa jabatan kades yang sudah purna tugas.

Seiring waktu, Pemkab Pamekasan akhirnya mengabulkan aspirasi mereka dan menetapkan pelaksanaan Pilkades Serentak di Pamekasan, digelar pada 23 April 2022. Sekalipun pada akhirnya kembali mendapat penolakan dari sebagian elemen masyarakat lainnya agar pesta demokrasi tingkat desa kembali ditunda.

Guna mewujudkan pelaksanaan Pilkades Serentak berlangsung aman dan kondisif, sejumlah stakeholders di Pamekasan, mengajak seluruh elemen masyarakat agar sama-sama menahan diri, sekaligus selalu menjaga kebersamaan dan kerukunan selama pilkades berlangsung.

Salah satunya disampaikan Bupati Pamekasan, Badrut Tamam saat menghadiri Safari Ramadan 1443 Hijriah dalam rangka silaturrahim bersama tokoh agama, tokoh masyarakat, dan masyarakat secara umum di Pendopo Kecamatan Waru, Pamekasan, Rabu (13/4/2022) lalu.

“Pelaksanaan Pilkades Serentak yang akan digelar bersamaan dengan momentum Ramadan tahun ini, kami harapkan dapat berlangsung tertib dan lancar. Tidak kalah penting juga, semoga kita semua bisa rukun, sehingga pelaksanaan Pilkades Serentak berlangsung aman dan lancar,” kata Bupati Badrut Tamam.

Hal senada juga disampaikan Kapolres PamekasanAKBP Rogib Triyanto juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama menciptakan suasana aman, tertib dan nyaman dalam menjalani ibadah puasa Ramadan. Termasuk saat ini juga akan dilaksanakan Pilkades Serentak 2022.

“Bersamaan dengan momentum Ramadan 1443 Hijriah ini, mari kita jaga kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) di kabupaten Pamekasan, khususnya dalam pelaksanaan Pilkades Serentak yang akan digelar pada 23 April 2022 mendatang,” pungkasnya. [pin/but]

Berikut 74 Desa Penyelenggara Pilkades Pamekasan 2022:
Kecamatan Batumarmar
1. Desa Batubintang
2. Desa Bujur Barat
3. Desa Bujur Timur
4. Lesong Jhaha
5. Tamberu

Kecamatan Galis
1. Desa Artodung
2. Desa Bulay
3. Desa Pandan
4. Desa Tobungan

Kecamatan Kadur
1. Desa Bangkes
2. Desa Kertagenah Dhaja
3. Desa Kertagenah Tengah
4. Desa Pamoroh
5. Desa Sokolelah

Desa Larangan
1. Desa Duko Temor
2. Desa Grujugan
3. Desa Kaduara Barat
4. Desa Montok
5. Desa Taraban
6. Tentenan Barat
7. Desa Trasak

Kecamatan Pademawu
1. Desa Buddagan
2. Desa Majungan
3. Desa Murtajih
4. Desa Padelegan
5. Desa Sumedangan
6. Desa Tanjung

Kecamatan Pagantenan
1. Desa Bulangan Barat
2. Desa Bulangan Brantem
3. Desa Pasanggar
4. Desa Tanjung

Kecamatan Pakong
1. Desa Bajang
2. Desa Bicorong
3. Desa Pakong
4. Desa Somalang

Kecamatan Palengaan
1. Desa Angsanah
2. Desa Potoan Dhaja
3. Desa Potoan Laok
4. Desa Rombuh

Kecamatan Pamekasan
1. Desa Bettet
2. Desa Jalmak
3. Desa Nyalabuh Laok
4. Desa Panempan
5. Desa Teja Barat

Kecamatan Pasean
1. Desa Batukerbuy
2. Desa Sana Dhaja
3. Desa Sana Tengah

Kecamatan Proppo
1. Desa Badung
2. Desa Batu Kalangan
3. Desa Gru’om
4. Desa Karang Anyar
5. Desa Lenteng
6. Desa Mapper
7. Desa Panagguan
8. Desa Pangorayan
9. Desa Pangtonggal
10. Desa Samiran
11. Desa Tattangoh

Kecamatan Waru
1. Desa Bajur
2. Desa Sana Laok
3. Desa Sumber Waru
4. Desa Tagangser Laok
5. Desa Tampojung Guwa
6. Desa Tampojung Tengah
7. Desa Tampojung Tengginah
8. Desa Waru Barat
9. Desa Waru Timur
10. Desa Tlonto Ares

Kecamatan Tlanakan
1. Desa Bandaran
2. Desa Ceguk
3. Desa Gugul
4. Desa Larangan Tokol
5. Desa Larangan Slampar
6. Desa Tlesah


Apa Reaksi Anda?

Komentar