Politik Pemerintahan

Ini Cara Menggunakan Alat Pacu Jantung di Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Kini, di beberapa titik ruang publik di Kota Surabaya telah tersedia alat pacu jantung sebagai sarana pertolongan pertama. Bagaimana cara menggunakannya?

Pelatih pengoperasian alat pacu jantung Muklis Rais menjelaskan untuk menggunakan alat tersebut pertama penderita yang mengalami serangan jantung dicek dulu kesadarannya.

Di samping itu, petugas harus memastikan ada personel yang memanggil layanan bantuan medis atau menghubungi Command Center 112.

“Nah, ketika terkena serangan jantung mendadak lalu tidak ada nafasnya, maka langsung dilakukan RJP/CPR atau tekan di dadanya,” ujarnya.

Selanjutnya, ia mengatakan, baru AED Plus digunakan. “Buka baju korban, cukur bulu dadanya jika ada, dan keringkan keringatnya, lalu buka pad atau alat AED ini. Langkah ketiga, pasangkan sesuai petunjuk di atas dada korban dan langkah keempat, nyalakan AED, dan ikuti perintah alat.”tambahnya.

“Salah satu perintahnya tidak boleh menyentuh korban dan ada pula perintah tekan tombol saat diminta,” ia menambahkan.(ifw/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar