Politik Pemerintahan

Imbas Arab Saudi Stop WNA, Ratusan CJH Gresik Tertunda Berangkat Lagi

Calon Jemaah Haji Asal Gresik Berangkat ke Tanah Suci sebelum ada Pandemi Covid-19

Gresik (beritajatim.com) – Imbas pemerintah Kerajaan Arab Saudi melarang semua warga negara asing (WNA), memasuki negaranya akibat kasus Covid-19 masih tinggi. Berdampak pada pemberangkatan calon jemaah haji (CJH) asal Gresik.

Semula sesuai jadwal CJH itu, diberangkatkan tahun lalu. Namun, karena pandemi Covid-19 belum berakhir pemberangkatannya ditunda tahun 2021. Tapi, lagi-lagi kasus tersebut masih tinggi. Ditambah pemerintah Arab Saudi melarang warga asing. Maka CJH tersebut ada kemungkinan diberangkatkan tahun 2022.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Gresik Markus menuturkan, ada 228 CJH asal Gresik yang semestinya berangkat tahun lalu. Ada kemungkinan ditunda lagi karena ada larangan dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

“Informasi yang kami terima negara Arab Saudi memang melarang warga asing memasuki negaranya akibat kasus Covid-19 disana masih tinggi. Kendati demikian Kemenag Gresik belum menerima salinan keputusan adanya larangan itu,” tuturnya saat dihubungi beritajatim.com, Kamis (4/01/2021).

Selain berdampak pada pemberangkatan CJH lanjut Markus, hal yang sama dialami oleh warga yang hendak menjalankan umroh. Khusus ini otomatis sementara waktu di-stop dulu sambil informasi lebih lanjut dari pemerintah Arab Saudi.

“Untuk umroh belum boleh dulu. Karena itu, kami menghimbau kepada biro perjalanan umroh jangan dulu membuka pendaftaran sambil menunggu keputusan dari kemenag pusat,” ujarnya.

Kejadian ini kata dia, bukan hanya dialami di Gresik maupun Indonesia. Sejumlah negara lainnya juga mengalami hal yang sama terkait larangan memasuki negara Arab Saudi. “Mari kita berdoa semoga kasus Covid-19 segera berakhir. Sehingga, kehidupan normal kembali seperti semula,” paparnya.

Markus juga menyatakan CJH yang batal berangkat. Tidak perlu kuatir atau gelisah. Dipastikan uang yang telah disetor aman dan tidak berkurang. “CJH asal Gresik tak usah kuatir, yang lebih penting saat ini berdoa terus kepada Allah agar diberi kemudahan dan bisa berangkat tahun ini,” ungkapnya. [dny/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar