Politik Pemerintahan

Ikhtiar Gali Potensi Desa Melalui Program WUB

Pamekasan (beritajatim.com) – Bupati Pamekasan Badrut Tamam kembali menyampaikan komitmennya untuk menciptakan wirausahawan baru sebagai bentuk ikhtiar menggali potensi daerah dari berbagai aspek, khususnya demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan saat mengukuhkan 1.554 orang peserta calon wirausaha baru alias WUB yang digelar┬ádi Mandhepa Agung Ronggosukowati, Jl Pamong Praja Nomor 1 Pamekasan, Rabu (29/7/2020). “Program ini merupakan salah satu upaya kami bersama Pak Wabup (Raja’e) untuk mewujudkan wirausahawan baru di kabupaten Pamekasan,” kata Badrut Tamam.

“Dengan program ini, kami juga akan berupaya membantu permodalan calon wirausahawan baru melalui perbankan dengan bunga hanya 1 persen. Sisanya akan ditanggung oleh pemerintah kabupaten,” sambung bupati muda yang akrab disapa Ra Badrut.

Tidak hanya itu, pihaknya juga selalu berupaya sekaligus mendorong para wirausahawan untuk menerapkan dua model merketing online dan offline. “Sebagai bentuk komitmen, kami akan berupaya menciptakan pengusaha milineal yang mampu bersaing, apalagi nanti juga akan didampingi para tenaga pendamping yang sudah kami rekrut,” jelasnya.

“Target dari program ini tidak lain sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang selama ini tidak tereksplor dengan baik. Setelah usaha ini sukses nantinya masyarakat bisa menggunakan produk lokal Pamekasan dari hasil kerja para calon pengusaha ini. Misalnya songkok asli Pamekasan, ikat pinggang dan lain-lain,” jelasnya.

Dalam kegiatan pengukuhan tersebut, terdata sebanyak 1.554 calon pengusaha yang akan dilatih, dengan rincian pelatihan klasikal 84 paket yang terdiri dari 20 jenis pelatihan dengan jumlah total sebanyak 1.344 orang.

Selain itu, sebanyak lima orang akan menjalani magang melalui keterampilan marketing online dan tenun ikat di Kediri dan Surabaya. Sedangkan 200 orang lainnya, bakal mejalani program workshop dan pembinaan. [pin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar