Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

IJTI dan PWI Gelar UKW, Upaya Upgrade Kemampuan Jurnalis

IJTI dan PWI Gelar UKW, Upaya Upgrade Kemampuan Jurnalis

Magetan (beritajatim.com) – Sebanyak 54 wartawan media televisi, cetak, dan online menjalani uji kompetensi wartawan (UKW) di Hall Hotel Bukit Bintang, Magetan, Jawa Timur, Sabtu (13/11/2021). UKW yang digagas oleh Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) itu diikuti jurnalis yang tersebar di seluruh Jawa Timur. Baik tingkat muda, madya, dan utama.

Bupati Magetan Suprawoto sambut dan buka acara UKW. Mantan sekjen kominfo itu menyebut gelaran UKW bakal jadi tolak ukur yang pasti terkait standar para wartawan dalam menjalankan profesi. Dia memberikan support penuh karena wartawan bak laboratorium klinik yang turut berperan dalam memperbaiki kinerja pemerintah atau sektor lain yang terkait dengan kepentingan publik.

“Bukan memperberat wartawan. Barometer yang benar nanti wartawan. UKW seperti kalibrasi, apakah sudah benar atau belum kinerja. Kami berterimakasih jika ditunjukkan kekurangan kami supaya bisa segera berbenah,” kata Kang Woto, sapaan lekat Bupati Suprawoto.

Terpisah, Ketua Pendidikan dan Pelatihan IJTI Rahmat Hidayat menyebut kegiatan UKW diperlukan untuk menyamakan standar wartawan. Baik yang sudah bertahun-tahun atau yang masih baru. Selain itu, ujian juga bakal menentukan kualitas para jurnalis. Pihaknya menyebut bahawa Dewan Pers memilih Magetan karena selama ini belum pernah menyelenggarakan UKW. “Sementara dari seluruh peserta belum ada yang undur diri. Kami belum tahu apakah dari dua hari nanti apakah ada yang mundur atau tidak,” kata Rahmat. (fiq/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar