Politik Pemerintahan

Ifan Ariadna: Kedaulatan Pertanian Jember Penyelamat pada Masa Pandemi

Jember (beritajatim.com) – Ifan Ariadna, calon wakil bupati yang mendampingi calon bupati Abdus Salam, menginginkan sektor pertanian diperhatikan pemerintah di Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada masa mendatang. Hal ini dikarenakan sektor pertanian memegang peran krusial pada masa pandemi Covid-19.

“Kita hidup dalam kondisi pandemi dan tidak tahu kapan akan berakhir. Sementara dalam menghadapi pandemi Covid-19, salah satu hal yang penting dilakukan adalah bagaimana membangun kedaulatan pangan dan ketahanan pangan,” kata Ifan, Selasa (27/10/2020).

Selama empat tahun terakhir, Ifan menilai kebijakan pemerintah daerah tidak berpihak terhadap sektor pertanian. Sumbangsih sektor pertanian terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Jember mengalami penurunan dari 30,21 persen menjadi 26,39 persen.

Menurut Ifan, dalam situasi pandemi, masyarakat tak membutuhkan janji-janji muluk. “Kita paham dan sadar bahwa pertanian adalah leading sector, dan kebetulan mayoritas masyarakat Jember adalah petani,” kata pemuda kelahiran Kecamatan Bangsalsari ini.

Jika terpilih menjadi bupati dan wakil bupati Jember, Salam dan Ifan akan memperkuat sektor pertanian, karena tidak ada yang tahu kapan pandemi akan berakhir. “Sementara yang bisa jadi kunci bisa survive adalah membangun ketahanan pangan di masyarakat. Sekarang saja sektor industri mulai rontok akibat pandemi. Yang bisa bertahan adalah sektor pertanian yang berhubungan dengan perut,” kata Ifan. [wir/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar