Politik Pemerintahan

Hudiyono Pj Bupati Sidoarjo Serahkan Bantuan Korban Kebakaran

Sidoarjo (beritajatim.com) – Mata  Siti Julaikha Warga Desa Masangan Kecamatan Sukodono berkaca-kaca tatkala menerima bantuan sebesar Rp 10 juta dan paket sembako dari Pemkab Sidoarjo.

Secara simbolis bantuan tersebut diserahkan oleh  Pj Bupati Sidoarjo Dr Hudiyono M.Si. Senin (5/10/2020).

Turut mendampingi Pj Bupati Sidoarjo , Hudiyono dalam pemberian bantuan tersebut, Kepala Dinas Sosial Sidoarjo Tirto Adi, Camat Sukodono Mahmud, Kepala Dinas BPBD Dwijo, Perwakilan Dinas PU Sidoarjo dan Forkopimka Sukodono.

Siti menyampaikan ucapaan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian Pemkab Sidoarjo. Ini baru saja tertimpa musibah pekan lalu. Rumah berikut isinya habis dilalap api tanpa bisa diselamatkan.

Satu-satunya harta benda yang lolos dari amukan api adalah baju yang melekat di badan. “Kejadian tersebut di akibatkan korsleting listrik, dan menyambar pada usaha Pom Mini BBM di samping rumahnya,” katanya.

Hudiyono menjelaskan, kejadian kebakaran ini dikarenakan konsleting serta menyambar usaha Pom Mini BBM yang didapatkan dari bantuan desa.

Menyikapi hal ini lebih ditekankan edukasi dan sosialisasi dari pihak kecamatan maupun desa untuk memberikan perlindungan dan penggunaan bantuan yang diberikan untuk usaha dalam meningkatkan perekonomian warga.

“Jangan sekedar memberi bantuan, namun harus disertai edukasi kepada masyarakat, untuk meminimalkan kejadian seperti ini,” tandas Hudiyono.

Hudiyono, menambahkan pihaknya akan evaluasi penanganan ini untuk lebih baik, proposional dan rasional. Harapannya tiap Kecamatan  terdapat unit mobil pemadam kebakaran dan kendaraan pemadam yang bisa fleksibilitas di jalan sempit. “Dan yang tak kalah pentingnya adalah memperbanyak sosialisasi kepada masyarakat dalam penanganannya bila terjadi musibah kebakaran,” papar Hudiyono.

Disela-sela menyerahkan bantuan, Pj Bupati menyempatkan diri berdialog dengan Siti. Pj. Bupati menjelaskan, bantuan yang diberikan Pemkab Sidoarjo tidak sepenuhnya bisa mengganti atas kerugian yang diderita akibat dari musibah ini.

Tapi paling tidak bisa menjadi motivasi atau pemicu untuk bangkit lagi untuk membangun kembali puing-puing yang masih tersisa. ”Bantuan ini sebagai rasa wujud persaudaraan kita, masyarakat dan pemerintah senasib sepenanggungan. Mudah-mudahan melalui bantuan ini dapat bermanfaat bagi korban yang telah terkena musibah,” tukasnya.

Kepala Dinas BPBD Sidoarjo,Dwijo mengatakan kedepan, pihaknya sudah merencanakan setiap kecamatan di Kabupaten Sidoarjo tersedia 1 unit mobil Damkar dan petugasnya, sehingga bisa cepat mengatasi kejadian musibah kebakaran,” terangnya.

Siti Julaikha merupakan satu dari sejumlah warga yang pada tahun ini mendapat bantuan Sosial dari Pemkab Sidoarjo Beberapa waktu lalu, Pemkab juga memberikan bantuan serupa kepada warga lainnya, mulai dari korban kebakaran hingga korban angin puting beliung (isa/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar