Politik Pemerintahan

HPN di Tengah Pandemi, Ini Pesan Pemkot Kediri untuk Insan Media

Kepala Diskominfo Kota Kediri Apip Permana

Kediri (beritajatim.com) – Peringatan hari pers nasional jatuh pada hari ini, Selasa, 9 Februari 2021. Dalam momen ini, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Komunikasi dan Informatika mengajak para insan media untuk senantiasa menghadirkan berita yang terpercaya dan dapat mengedukasi masyarakat.

“Perkembangan media atau pers di Kota Kediri, cukup bagus, apalagi dengan kemajuan IT hadirnya media-media digital, sebuah informasi dapat disampaikan dengan cepat kepada masyarakat”,kata Apip Permana, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri, Selasa, (9/2/2021).

Pihaknya juga mengungkapkan dukungan Pemerintah Kota Kediri kepada media dan insan-insan pers di Kota Kediri. Bentuk dukungannya dengan memberikan informasi dan data lewat rilis yang dikeluar oleh Pemerintah Kota Kediri.

“Jadi awak media tidak disibukkan untuk mencari data atau informasi pembangunan kesana kemari. Cukup pegang gawai dan buka group whatsapp maka rilis Pemkot sudah bisa diperoleh setiap hari. Apalagi di saat pandemi ini ‘mobilitas’ semua orang termasuk awak media perlu dikurangi,” tambah Apip.

Selain itu, ia berharap supaya media atau pers dapat secara aktif, turut membantu menyajikan informasi yang mengedukasi masyarakat tentang bagaimana cara memutus mata rantai Covid-19. “Karena kami melihat, media adalah salah satu ujung tombak informasi bagi masyarkat,” tuturnya.

Dengan peran aktif media ini, diharapkan pandemi Covid-19 dapat segera teratasi dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan dapat terbentuk dengan baik melalui informasi yang disajikan.

Kendati demikian, Apip mewanti-wanti untuk berhati-hati dengan berita hoax. “Kita wajib memerangi berita hoax, karena hal ini sangat membahayakan terutama untuk masyarakat”,tandasnya. Menurutnya, dengan menghadirkan berita yang faktual dan terpercaya dapat menggerus eksistensi berita hoax ini.

Diakhir wawancara ia juga menyampaikan supaya selalu menerapkan protokol kesehatan, apalagi ketika melakukan liputan lapangan. “5M jangan sampai lupa,”pungkasnya. [nm/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar