Politik Pemerintahan

Hindari Kerumunan, Warga Kota Malang Diimbau Salat Ied di Masjid Komplek

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata.

Malang (beritajatim.com) – Pemerintah Kota Malang dan Polresta Malang Kota melakukan koordinasi pengamanan jelang lebaran 2021. Salah satu poin yang disepakati adalah imbauan untuk salat di masjid komplek perumahan masing-masing saat ibadah salat Idul Fitri 2021 mendatang.

Imbauan ini dikeluarkan untuk menekan kerumunan di satu titik pelaksanaan ibadah. Seperti diketahui salat Idul Fitri bagi muslim selalu identik dengan titik-titik tertentu. Biasanya dilakukan di masjid-masjid besar yang tersebar di sejumlah wilayah. Seperti di Masjid Agung Jami, jemaah terkadang hingga memenuhi kawasan Alun-alun Merdeka Kota Malang.

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata mengatakan, imbauan ini dikeluarkan demi keamanan dan kenyamanan masyarakat. Sebab, ancaman penularan Covid-19 cukup tinggi di tengah kerumunan.

“Penekanan yang ingin kita sampaikan bahwa nanti pelaksanaan ibadah Salat Ied Lalu juga pada saat ibadah di bulan puasa ini. Kita ingin memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat, terkait dengan ibadah ada imbauan, untuk bisa beribadah di kompleks masing-masing,” kata Leonardus, Selasa (4/5/2021).

Leonardus mengungkapkan, berkaca pada tahun lalu, saat imbauan salat Ied dilakukan di wilayah masing-masing atau tidak terpusat pada satu lokasi. Hal itu mampu menekan angka penyebaran Covid-19 di Kota Malang.

“Nah itu juga diharapkan bisa mengurangi berkumpulnya massa (jemaah). Kita mengimbau sama seperti tahun lalu. Karena cukup efektif kita laksanakan jadi tidak menuju ke satu titik tertentu. Jadi kalau memang dia dikompleknya ada tempat ibadah bisa dilaksanakan di sana untuk ibadahnya,” tandasnya. [luc/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar