Politik Pemerintahan

Hindari Kegiatan dan Anggaran Dobel, OPD Pemkab Sampang Dirampingkan

Imam Sanusi Kepala Bagian Organisasi Sekertariat Daerah Kabupaten Sampang (dok).

Sampang (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Sampang melakukan perampingan terhadap sejumlah pejabat di dalam Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk menghindari terjadinya tumpang tindih kegiatan dan efisiensi anggaran.

Kabag Organisasi Sekretaris Daerah Sampang, Imam Sanusi menyampaikan, perampingan perangkat daerah sudah berjalan sejak 8 Januari 2021 bersamaan dengan pelantikan pejabat struktural baru.

Perangkat daerah yang dirampingkan, di antaranya Dinas Pertanian (Disperta), Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP), Dinas Sosial (Dinsos) dan kantor Pemberdayaan Perlindungan Perempuan Dan Anak (PPPA).

Perangkat lainnya yaitu Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Dinas Tenaga Kerja (Naker), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM). Serta perampingan Disperta dengan DKPP, Dinsos dengan PPPA, PTSP dengan Naker, dan Disperindag dengan Koperasi UKM Sampang.

“Perampingan, kami lakukan untuk mengurangi tumpang tindih tugas dan fungsi,” jelasnya, Rabu (3/2/2021).

Pihaknya melakukan perampingan, sebagai upaya penyesuaian struktur organisasi, tugas dan fungsi (Tusi) OPD dengan acuan dari Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) RI Nomor 90 tahun 2019 tentang klasifikasi kodefikasi, dan nomenklatur pembangunan daerah.

Imam mengaku, keputusan untuk perencanaan pembangunan daerah sesuai Permendagri tersebut, maka dilakukan penyesuaian Susunan Organisasi dan Tata Kerja perangkat (SOTK) pada beberapa OPD Sampang.

“Ada evaluasi kelembagaan yang dapat kami lakukan dua tahun setelah dibentuk perampingan,” pungkasnya. [sar/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar