Politik Pemerintahan

Hibah Pariwisata Sasar Ratusan Hotel dan Restoran di Kota Malang

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni

Malang(beritajatim.com) – Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disporapar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan sebanyak 119 hotel dan restoran di Kota Malang mendapatkan hibah pariwisata dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia (RI).

Bantuan yang diterima mulai dari Rp 51 ribu hingga Rp 1 miliar. Dana ini telah cair dari pusat ke Disporapar Kota Malang. Mereka kemudian langsung menyalurkan kepada ratusan hotel dan resto itu pada akhir Desember 2020 kemarin.

“Yang mendapatkan hibah di Kota Malang sebanyak 119 hotel dan restoran. Besarannya bermacam-macam ada yang R p51 ribu hingga Rp 1 miliar. Sudah kami salurkan kepada 119 hotel dan restoran yang ada pada akhir Desember 2020, lalu,” ujar Ida Ayu.

Ida Ayu mengatakan, pelaku jasa pariwisata yang mendapatkan dana hibah harus melengkapi syarat berikut. Tertib membayar pajak, masih beroperasional serta melaporkan Rancangan Anggaran Belanja (RAB) kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Malang.

“Setelah itu kami akan seleksi siapa saja yang sudah lengkap. Lalu, setelah itu ada nota persetujuan dana hibah daerah. Setelah dana cair dari pusat kami salurkan ke rekening masing-masing,” kata Ida Ayu.

Sedangkan untuk tahun 2021, Disporapar Kora Malang masih menunggu instruksi dari Kemenparkraf terkait penyaluran dana hibah pariwisata ke daerah. Berkaca pada tahun sebelumnya, informasi dana hibah diterima pada bulan Oktober.

“Biasanya petunjuknya itu pada Oktober. Sehingga saat ini kami masih menunggu instruksi dari pusat. Biasanya dari Kementerian memanggil kami untuk melakukan rapat,” tandas Ida Ayu. (luc/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar