Politik Pemerintahan

Debat Publik Putaran II Pilkada Jember 2020

Hendy Siswanto: Kalau Aturan ke Timur, Pemkab Jember Berjalan ke Barat

Jember (beritajatim.com) – Calon bupati Hendy Siswanto mengkritik inkonsistensi Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, selama ini dalam menaati peraturan perundang-undangan. Padahal pemangku kebijakan di Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, tinggal melaksanakan peraturan dan perundang-undangan yang sudah digariskan pemerintah pusat.

“Tinggal dibaca saja. Tapi di Jember, kalau aturannya ke timur, (pemerintah) di Jember ini berjalan ke barat,” kata Hendy, dalam debat calon bupati dan wakil bupati Jember putaran kedua, di Studio JTV, Kota Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/11/2020) malam.

“Kapan ketemunya? Ya gak tahu, gak ketemu-ketemu. Padahal buku sudah ada, dibaca, ikuti tahapan-tahapannya,” kata Hendy yang diusung koalisi Nasdem, PPP, PKS, Gerindra, dan Demokrat ini.

Sekondan Hendy, Muhammad Balya Firjaun Barlaman menegaskan, aturan dibuat untuk dijalankan. “Bukan hanya untuk dilihat sebagai kerangka mati saja. Di beberapa kabupaten tetangga, semua punya Peraturan Daerah APBD. Ini artinya semua aturan dijalankan dengan baik,” katanya.

“Tentang kemungkinan adanya pungli dan sebagainya, itu kan bisa dieliminasi dengan berbagai metode dan cara. Tapi aneh sekali ketika di Jember tidak ada sikap. Ini menunjukkan bahwa birokrasi di Jember tidak berjalan sesuai dengan aturan,” kata Firjaun.

Ifan Ariadna, calon wakil bupati yang diusung PDI Perjuangan, PKB, Golkar, PAN, Perindo, Berkarya mengatakan, Jember tidak seindah warna aslinya. “Apa yang terjadi di Jember, belum pernah terjadi di pemerintahan-pemerintahan sebelumnya,” katanya.

“Selama empat tahun ini, kita sering mendengar sesuatu yang negatif tentang Jember. Padahal kita memiliki potensi dan sumber daya luar biasa. Saya selalu memantau dari media, bahwa Jember dalam kondisi yang tidak baik-baik saja,” kata Ifan.

Hendy sepakat dengan Ifan. “Sungguh salah besar kalau kita membuat aturan sendiri. Sudah ada aturannya, dan yakinlah Jember ke depan akan lebih baik lagi kalau (pengelolaan pemerintahan) diberikan kepada kami,” katanya. [wir/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar