Politik Pemerintahan

Hendy-Firjaun Disarankan Rutin Bertemu Media Massa dan DPRD Jember

Bupati Hendy Siswanto diwawancarai wartawan dalam suatu kesempatan. [foto: istimewa]

Jember (beritajatim.com) – Bupati Hendy Siswanto dan Wakil Bupati Muhammad Balya Firjaun Barlaman disarankan memanfaatkan waktu dalam satu dua bulan ini untuk menyerap aspirasi dari masyarakat Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Muhammad Iqbal, doktor ilmu komunikasi politik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember, meminta kepada semua pihak untuk memantau dan memastikan agar janji-janji kampanye dan pakta integritas yang dibuat dengan pendukung Hendy-Firjaun berjalan.

“Sudah seharusnya bupati dan wakil bupati membuka pintu selebar mungkin untuk secara rutin, kalau perlu dilembagakan, forum-forum untuk menyerap aspirasi, forum-forum mengambil solusi. Tentu tidak bisa mengeksekusi sendiri. Alternatifnya bersinergi dengan DPRD Jember yang sama-sama mempunyai basis konstituen juga,” kata Iqbal.

Iqbal juga menilai, harus ada forum yang rutin memepertemukan Hendy-Firjaun dengan wartawan. “Tidak bisa wartawan hanya mengandalkan wawancara ‘door-stop’ (cegatan, red). Ada (pertemuan) rutin, supaya media sebagai instrumen untuk menyuatakan dan memberitakan berbagai suara dan peristiwa. Sementara DPRD adalah representasi masyarakat. Jadi forum dan ruangnya harus ada. Kalau tidak ada, saya kira elemen-elemen masyarakat agak kesulitan menagih janji-janji,” katanya.

Bupati Hendy Siswanto dan Wakil Bupati Muhammad Balya Firjaun Barlaman resmi dilantik menjadi duet pemimpin Kabupaten Jember, Jawa Timur, di Gedung Grahadi, Surabaya, Jumat (26/2/2021). [wir/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar