Politik Pemerintahan

Debat Publik Putaran I Pilkada Jember 2020

Hendy-Firjaun dan Salam-Ifan Sepakat Perbaiki Data Kemiskinan Jember

Jember (beritajatim.com) – Pasangan calon bupati Hendy Siswanto dan calon wakil bupati Muhammad Balya Firjaun Barlaman berjanji memutakhirkan data warga miskin untuk menghindari pemberian bantuan yang salah sasaran.

Hal ini dikemukakan dalam debat kandidat pemilihan kepala daerah Kabupaten Jember putaran pertama di Studio JTV, Surabaya, Minggu (15/11/2020) malam. Hendy akan memberikan bantuan langsung tunai untuk meningkatkan daya beli masyarakat miskin.

Namun Hendy sebelumnya akan membenahi pendataan warga miskin agar bantuan tepat sasaran. “Jangan sampai keliru mendistribusikan bantuan,” katanya.

Firjaun sepakat jika pemutakhiran data kemiskinan sangat penting. “Sehingga kita bisa mengetahui seberapa sih sebetulnya masyarakat miskin di Jember. Ketika di satu desa input data keliru, maka strategi yang dikembangkan juga akan keliru,” katanya.

Firjaun menilai, selama ini data tidak dimutakhirkan, sehingga bantuan tak tepat sasaran. “Bahkan menimbulkan problem di masyarakat. Oleh karena itu kita akan lakukan updating data,” katanya.

Calon bupati Abdus Salam sepakat adanya perbaikan data penduduk miskin. “Kami akan libatkan seluruh masyarakat, termasuk rukun tetangga dan rukun warga agar validitas data bisa diperoleh. Maka di sini bantuan tepat sasaran, bantuan pendampingan usaha, bantuan modal usaha benar-benar terimplementasikan baik,” katanya. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar