Politik Pemerintahan

Hendy-Firjaun akan Beri Bantuan Hukum Gratis untuk Buruh Migran

Jember (beritajatim.com) – Pasangan calon bupati Hendy Siswanto dan calon wakil bupati Muhammad Balya Firjaun Barlaman berjanji memberikan perlindungan kepada warga Kabupaten Jember, Jawa Timur, yang menjadi buruh migran.

“Kita edukasi agar mereka punya pemahaman, kalau pergi ke luar negeri betul-betul tahu aturan-aturannya. Kebanyakan buruh migran kita dikirim sebagai pembantu. Ini harus kita tingkatkan edukasinya,” kata Hendy dalam debat publik putaran ketiga Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Jember, Jawa Timur, di Surabaya, Selasa (1/12/2020) malam.

Selain itu, Hendy mengatakan, perlu ada pemahaman bahasa negara tempat mereka bekerja. Pemerintah harus turun tangan untuk mengayomi. “Regulasi kita betulkan, edukasi kita berikan,” katanya.

“Kami akan melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan oleh para migran itu. Setelah komplet semua dan masih ada persoalan hukum, kami akan memberikan bantuan hukum gratis. Tentu ini akan bersinergi dengan provinsi dan pemerintah pusat,” kata Firjaun.

Hendy mengatakan, Jember tidak sedang baik-baik saja. Ia ingin agar para buruh migran bisa bekerja di Jember dengan layak. “Banyak teman-teman kita pergi ke luar, karena di Jember tidak ada pekerjaan. Ini persoalan semuanya. Sebanyak 52 ribu lebih masih menganggur, 226 ribu masih miskin. Peluang kerjanya mana,” katanya.

Menanggapi pernyataan itu, calon bupati Faida mengatakan, perlu ada anggaran khusus menyelesaikan masalah tenaga kerja Indonesia. “Meskipun mereka berada pada persoalan di luar koridor hukum. Mereka sedang mencari hidup. Mereka ini berjuang dan hasilnya dinikmati warga Jember,” katanya. [wir/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar