Politik Pemerintahan

Hasil Sortir, Ratusan Surat Suara Pilkada Tuban Ditemukan Rusak

Tuban (beritajatim.com) – Setelah dilakukan proses tahapan sortir dan pelipatan Surat Suara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tuban 2020 ini ratusan lembar surat suara ditemukan rusak atau tidak layak untuk digunakan, Kamis (3/12/2020).

Surat suara yang rusak tersebut sudah dipisahkan tersendiri oleh pihak KPU Tuban supaya tidak sampai digunakan. Meski terdapat kerusakan ratusan surat suara itu, pihak KPU Tuban memastikan jika tidak akan ada kekurangan surat suara dalam proses Pilkada 9 Desember mendatang.

Data yang dihimpun beritajatim.com, proses sortir dan pelipatan surat suara untuk Pilkada Tuban 2020 ini sudah selesai dilakulan oleh pihak KPU pada minggu kemarin. Setelah selesai sortir dan pelipatan itu kemudian surat suara langsung di packing ke dalam kotak suara sebelum disitribusikan ke masing-masing kecamatan.

“Untuk sortir dan pelipatan sudah selesai minggu kemarin. Ada 524 surat suara yang rusak dan itu diketahui setelah sortir selesai dilakukan,” terang Fathul Ihsan, Ketua KPU Kabupaten Tuban.

Menurutnya, sampai dengan sejauh ini belum diketahui apakah ada kekurangan atau tidak untuk surat suara yang akan digunakan dalam coblosan Pilkada serentak nanti. Fathul Ihsan menegaskan kurang atau tidaknya surat suara baru bisa diketahui secara pasti setelah proses packing ke kotak suara telah selesai yang ditargetkan hari ini.

“Ketika packing kan dihitung lagi jumlahnya oleh PPK, nanti setelah proses packing itu baru diketahui kurang atau tidaknya. Kan satu kardus 2000 itu bisa saja ada yang kurang atau lebih, sehingga dengan yang rusak 524 itu terus jumlahnya kurang itu belum tentu,” sambungnya.

Ketua KPU Tuban itu menegaskan setelah diketahui jumlah surat suara yang rusak maka selanjutnya disampaikan pihak ketiga agar mendapat gantinya. Dari pihak percetakan juga sudah menyampaikan kesanggupan untuk mengirimkan penggantinya surat suara yang rusak. “Poinnya kekurangan harus dipenuhi sebelum distribusi dilakukan. Jumat harus dipenuhi,” pungkasnya.[mut/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar