Politik Pemerintahan

Hasil Coblosan Caleg DPR Dapil 3 Jatim Diduga Salah Hitung

Banyuwangi (beritajatim.com) – Hasil penghitungan surat suara Calon Legislatif DPR RI di Banyuwangi untuk Dapil Jatim 3 terjadi ketidakcocokan. Hal ini terpantau dari hasil suara yang ada di lembar C1 di Tempat Pemungutan Suara 23 Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore.

Pada lembar C1 berhologram yang dibacakan PPK tersebut tertulis angka 5, sama dengan hasil suara lembar plano yang berjumlah 5. Namun, masalah muncul saat lembar salinan C1 yang dibawa oleh saksi caleg Syukron Ma’mun Hidayat ini berjumlah berbeda, yakni berangka 2.

Karena terjadi perbedaan, sehingga saksi meminta untuk mencocokan kembali hasil tersebut dan meminta membuka lembaran plano C1 di TPS. Hasilnya, lembar plano di TPS 23 juga berangka 2.

Ada ketidak cocokan antara lembar C1 hologram dengan lembar C1 di TPS 23. Sehingga, saksi meminta untuk merubah hasil suara Caleg Nomor 5 DPR RI yang tertulis 5 menjadi angka 2.

Menanggapi temuan itu, Caleg DPR-RI , Syukron Ma’mun Hidayat mengaku tak mengetahuinya. Pihaknya menyebut, hasil penghitungan suara berjalan aman.

“Oh tidak tau itu. Ga ada, Sementara aman-aman saja, Tidak ada masalah, Doanya ya,” jawab Syukron dalam percakapan melalui WhatsApp, Senin (22/4/2019).

Syukron, tidak mau berasumsi lebih jauh maupun menyalahkan personal dan institusi yang berkepentingan dalam Pemilu ini. Bahkan, dirinya menyebut kejadian itu sering menimpa banyak caleg.

“Kesalahan input data kayak itu banyak menimpa banyak caleg.. mungkin karena kesalahan teknis dan kecapean,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Banyuwangi Hamim telah melakukan investigasi mengenai temuan tersebut. Dirinya bahkan telah mengambil tindakan untuk kejadian ini.

“Tindakanya untuk dicocokkan data C1 dengan plano,” terangnya.

Akan tetapi, Hamim mengaku belum dapat mengetahui adanya temuan adanya unsur kecurangan dalam proses ini. Pasalnya, sejauh ini rekapitulasi masih berada di tingkat PPK.

“Rekapitulasi masih dalam tahap proses di tingkat PPK. Kita masih koordinasi dengan PPK apakah kesalahan input apa penjumlahan,” jelasnya.

Namun demikian, pihaknya menyebut hasil di suara caleg nomor 5 DPR RI dari Partai PKB di TPS 23 dengan hasil plano sama.

“Klu yang Karangharjo TPS 23 sudah jelas sama antar C1 dan plano sudah sesuai jumlahnya,” pungkasnya. (rin/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar