Politik Pemerintahan

Harlah ke-48, PPP Jombang Ziarah ke Makam Tokoh Bangsa

Jombang (beritajatim.com) – Memperingati Harlah (Hari Lahir) yang ke-48, Dewan Pimpinan Cabang PPP (Partai Persatuan Pembangunan) melakukan ziarah ke makam tokoh bangsa, Sabtu (9/1/2021).

Makam tokoh itu diantaranya KH Wahab Chasbullah di PPBU (Pondok Pesantren Bahrul Ulum) Tambakberas dan makam KH Bisri Syansuri di PPMM (Pondok Pesantren Mambaul Maarif) Denanyar Jombang.

Di makam tersebut Ketua DPC PPP Jombang bersama para pengurus memanjatkan doa dan tahlil. Selain itu juga melakukan tabur bunga di makam tokoh bangsa sekaligus pendiri NU tersebut. Hadir pula anggota DPR RI dari PPP Ema Ummiyatul Chusna.

Mundjidah Wahab mengatakan, KH Bisri Syansuri merupakan salah satu pendiri PPP dan pencetus lambang Kabah di Tahun 1973. Lahirnya partai berlambang kabah ini tidak lepas dari peran ulama dan tokoh-tokoh NU (Nahdlatul Ulama). Diantaranya KH Idham Chalid, dan KH Bisri Syansuri.

“Di samping seorang tokoh ulama dan pemimpin pondok pesantren, Kiai Bisri juga seorang tokoh yang berpengaruh dalam perkembangan organisasi islam dan politik, yaitu NU dan PPP,” kata Mundjidah yang juga Bupati Jombang.

Kiai Bisri pernah menduduki jabatan Rais ’Aam (Ketua umum) Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Rais ’Aam Majelis Syuro PPP. Kedua jabatan tersebut dijiabat KH Bisri Syansuri hingga wafat pada 1980.

“Alhamdulillah, PPP sudah berusia 48 tahun. Ini usia yang cukup matang dalam kancah perpolitikan. Sebagai partai islam yang didirikan para ulama, kami terus bersama-sama membangun bangsa. Juga membangun persatuan mewujudkan kesejahteraan rakyat,” tuturnya.

Sementara itu, Harlah PPP ke 48 di kantor DPC PPP Jombang Jl Brigjen Katamso, diisi berbagai rangkaian kegiatan. Diantaranya, doa bersama dan istighasah. “Rangkaian kegiatan tersebut kita awali dengan ziarah ke makam dua tokoh bangsa tadi,” pungkasnya. [suf/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar