Politik Pemerintahan

Hari Terakhir, Pemohon Bantuan BLT UMKM Membludak

Bojonegoro (beritajatim.com) – Pengajuan bantuan langsung tunai (BLT) UMKM atau Bantuan Presiden (Banpres) Profuktif yang disalurkan kepada para pelaku usaha kecil melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro ditutup hari ini, Jumat (11/9/2020).

Pada hari terakhir pengajuan permohonan berkas, terlihat kantor Dinas Koperasi dan Usaha Mikro di Jalan Pattimura, Kabupaten Bojonegoro dipadati pemohon. Mereka rela berdesakan dan mengabaikan protokol kesehatan ditengah situasi pandemi Covid-19 untuk mendapat bantuan senilai Rp2,4 juta.

Salah seorang pedagang kaki lima (PKL), Febrilia Ningtyas asal Desa Ngampel, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro mengaku ditengah situasi pandemi seperti ini, tingkat ekonomi keluarga menurun. “Harapannya nanti bisa mendapat bantuan uang untuk mengembangkan usaha sekarang,” ujarnya.

Sebelumnya, dia mengaku sebagai penyedia catering di salah satu sekolah yang ada di Bojonegoro. Namun, karena saat ini sekolah masih belajar secara daring sehingga untuk sementara dia juga harus berhenti. Untuk memenuhi kebutuhan keluarga, akhirnya membuka warung kaki lima.

“Jadi ya karena tidak tahu sampai kapan pandemi berakhir, akhirnya buka warung kaki lima sama suami. Kalau dapat (BLT) ya Alhamdulillah,” terangnya.

Selain dia, salah seorang pedagang toko kelontong yang ada di Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro Syariffudin juga mengaku setelah mengetahui informasi adanya BLT Rp2,4 juta, pihaknya langsung mengajukan permohonan berkas ke Dinas Koperasi dan Usaha Mikro. “Semoga bisa dapat bantuan,” harapnya.

Sementara, Kasi Pembinaan dan Usaha Mikro Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Bojonegoro, Ieke Nur’afni Yuliastanti mengatakan, pada tahap empat berkas pemohon yang sudah dikirim sebanyak 2.405 pemohon. Tahap lima berkas yang sudah masuk dan masih tahap verifikasi.

Total dari tahap pertama sedikitnya sudah ada 5.000 lebih pelaku usaha kecil yang diusulkan. Untuk melakukan verifikasi berkas para pemohon itu, pihaknya mengaku lembur hingga malam. “Hari terakhir diprediksi akan lebih banyak pemohon. Lembur terus ini untuk verifikasi,” jelasnya. [lus/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar