Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Hari Pertama Kerja, Tingkat Kehadiran ASN Pemkab Probolinggo Capai 97 Persen

Probolinggo (beritajatim.com) – Hari pertama masuk kerja pasca libur dan cuti bersama lebaran, tingkat kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo mencapai 97 persen, Senin, (9/2/2022).

Total 3.448 orang ASN di lingkungan Pemkab Probolinggo, daftar kehadiran apel hari pertama masuk kerja mencapai 3.330 orang dan tidak hadir mencapai 118 orang dengan keterangan ijin 22 orang, sakit 12 orang, cuti 18 orang, DL 61 orang, Diklat 2 orang dan WFH 3 orang.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo, Yulius Christian mengatakan, jumlah kehadiran tersebut di luar fungsional tenaga pendidikan dan kesehatan.

“Tingginya kehadiran ini dikarenakan kita selalu mengingatkan bahwa tanggal 9 Mei 2022, ASN harus masuk, baik itu melalui surat dan himbauan kepada masing-masing Kepala OPD. Dinas Luar itu termasuk kategori kerja, seperti petugas sidak dan membantu jaga pengamanan,” katanya.

Menurut Yulius, tingginya kehadiran ASN itu juga diperkuat dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh Plt Bupati tentang pelaksanaan kegiatan selama cuti lebaran.

“Kebijakan ini diperkuat dengan surat Plt Bupati Probolinggo Nomor 700/193/426.70/2022 Perihal Tindak Lanjut Kebijakan Pemerintah Terkait Arus Balik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah tanggal 7 Mei 2022,” jelasnya.

Yulius menambahkan, tingkat kehadiran ASN ini diperoleh dari hasil monitoring dan evaluasi (monev) hari pertama masuk kerja bagi ASN di lingkungan Pemkab Probolinggo, yang dilakukan oleh Tim Gabungan Pemkab Probolinggo.

“Tim Gabungan ini terdiri dari unsur Inspektorat, Badan Kepegawaian Daerah, Diskominfo, Satpol PP dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. Tim ini terbagi dalam lima tim dan menyebar ke beberapa OPD dan Kecamatan untuk mengikuti apel bersama dan memantau tingkat kehadiran ASN,” pungkasnya. (tr/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar