Politik Pemerintahan

Hari Jadi Kota Kediri ke-1142, Pemkot Kediri Kilas Balik Sejarah, Pamerkan Foto Tempoe Doeloe

Kediri (beritajatim.com) – Ada yang lain di hari jadi Kota Kediri ke-1142 tahun 2021. Balai Kota Kediri dihiasi dengan foto-foto kuno wajah Pemkot Kediri tempoe doeloe mulai 26 Juli hingga 5 Agustus 2021. Tidak hanya wajah Pemkot Kediri namun juga beberapa foto bangunan bersejarah yang ada di Kota Kediri.

Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar sangat mengapresiasi dipamerkannya foto-foto tempoe doeloe Pemkot Kediri tersebut.

“Setidaknya ini akan memberikan pelajaran kepada kita semua tentang kilas balik sejarah perjalanan pemerintahan Kota Kediri. Ini adalah kado bagi Kota Kediri yang pada 27 Juli 2021 besok berulang tahun ke-1142. Bangunan-bangunan bersejarah yang bertahan hingga sekarang harus tetap dilestarikan.

Selain merupakan cagar budaya juga merupakan destinasi wisata di Kota Kediri. Saya mengucapkan terima kasih kepada Gus Barok yang telah mempersembahkan ini untuk Kota Kediri,” kata Mas Abu panggilan akrab Abdullah Abu Bakar.

Seperti diketahui foto-foto yang dipamerkan  tersebut merupakan koleksi Kediri’s Photograph Museum-Ngronggo Kota Kediri. Bahkan kabarnya foto tentang Pemkot ini oleh penelusur yang juga pemilik Kediri’s Photograph Museum, Imam Mubarok atau biasa dipanggil Gus Barok memerlukan waktu penelusuran selama tiga tahun.

“Alhamdulillah bisa mempersembahkan yang terbaik di hari jadi Kota Kediri ke-1142 tahun 2021 ini. Meski di masa pandemi Covid-19 hal ini bukan halangan bagi saya untuk berkarya. Foto-foto khusus tentang wajah Pemkot Kediri  Tempoe Doeloe ini saya telusuri selama 3 tahun. Yakni Mulai dari adanya informasi hingga bertemu dengan pihak yang menyimpan foto,” kata Gus Barok.

Khusus foto Pemkot Kediri, mulai dari tampak depan bangunan Pemkot dan Gedung DPRD, serta kegiatan di pemkot lainya adalah karya foto Iman Witojo Sosrosuwelo. Bangunan Pemkot Kediri ini bertahan hingga tahun 1978 – 1980-an dan selanjutnya digantikan dengan bangunan baru yang sekarang. Demikian juga Gedung DPRD Kota Kediri pindah ke Jalan Mayor Bismo.

“Pak Iman ini selain sebagai jurnalis kala itu, juga seorang fotografer sekaligus sebagai wakil Ketua DPRD Kota Kediri, di era Walikotanya Pak Drs Soedarmanto. Dulu kantor DPRD Kota Kediri jadi satu dengan Pemkot Kediri yakni di Jalan Basuki Rahmat. Lha foto ini yang memberikan adalah Iman D Nugroho jurnalis CNN, cucu Pak Iman Witoyo. Foto karya Pak Iman Witojo Sosrosuwelo antara lain foto bangunan pemkot, pegawai pemkot, rapat dan kegiatan dinas sosial,” tambahnya.

Selain jepretan Iman Witojo Sosrosuwelo, ada juga foto karya Humas Pemkot Kediri periode 1970-1978 antara lain foto Satpol PP dan peresmian alun-alun. Sementara yang lain seperti jembatan lama/ Brug Over den Brantas te Kediri, pintu gerbang Kota Kediri, Masjid Agung adalah koleksi dari Koninklijk Instituut voor Taal-, Land- en Volkenkunde (KITLV).

Adalah sebuah lembaga ilmiah yang didirikan pada tahun 1851. Tujuan utamanya ialah penelitian ilmu antropologi, ilmu bahasa, ilmu sosial, dan ilmu sejarah wilayah Asia Tenggara, Oseania dan Karibia. [nm/ted].


Apa Reaksi Anda?

Komentar