Politik Pemerintahan

Peringatan Sederhana dan Patuhi Protokol Kesehatan Covid 19

Hari Ini Kabupaten Banyuwangi Genap Usia 249 Tahun

Banyuwangi (beritajatim.com) – Hari ini, Kabupaten Banyuwangi genap berusia 249 tahun. Daerah ini memperingati dengan kegiatan upacara di Pendapa Sabha Swagata Blambangan.

Tak seperti biasa, tidak ada perayaan meriah atau festival pengiringnya. Hanya sekedar upacara dan pembacaan doa saja.

Mengingat, peringatan hari jadi Banyuwangi kali ini tepat saat pandemi Covid 19. Demi menjaga kesehatan, protokol Covid ketat juga dilakukan.

Pertama, peserta upacara harus mencuci tangan. Petugas juga melakukan pengecekan suhu tubuh dan memastikan untuk memakai masker. Para peserta upacara juga dibatasi, hanya segelintir orang dari masing-masing instansi guna menerapkan jaga jarak.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan peringatan Harjaba ke 249 memang beda. Karena, peringatan pertama di tengah pandemi.

“Kita harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Banyuwangi ini sekarang zona merah,” kata Anas dalam amanatnya, Jumat (18/12/2020).

Anas juga menyebut, Harjaba sebagai momen menghargai para pejuang dan para pendahulu bangsa.

“Upacara hari ini sebagai wujud penghargaan dan penghormatan kita kepada para pejuang, bangsa, dan khususnya para pelaku sejarah. Sebagai lahirnya Banyuwangi yang juga Indonesia tercinta sekaligus sebagai bentuk apresiasi bagi perjuangan perempuan-perempuan di Indonesia khususnya di Kabupaten Banyuwangi pada kesempatan yang berbahagia ini saya ingin menyampaikan selamat hari jadi ke 249 kepada seluruh masyarakat Banyuwangi di mana pun berada,” pungkasnya. [rin/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar