Politik Pemerintahan

Harga Pengiriman Barang Lewat Kontainer Naik, Wagub Emil Gercep Kunjungi TPS

Surabaya (beritajatim.com) – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak berkunjung ke Terminal Petikemas Surabaya (TPS), Selasa (26/1/2021). Kunjungan ini sebagai respon atas keluhan para pelaku usaha di Jawa Timur dan beberapa media online soal adanya kekhawatiran terkait kenaikan harga kontainer.

Setelah berdiskusi dengan Dirut TPS, Emil mengatakan, sebetulnya ketersediaan kontainer ini juga dialami oleh seluruh negara di dunia. “Hal ini mengakibatkan harga pengiriman kontainer naik berkali lipat dari harga sebelumnya,” kata Emil.

“Karena dengan adanya pandemi, China yang lebih pulih ekonominya lebih aktif mengirim barang terutama ke negara barat. Sedangkan, dari negara barat tidak aktif mengirim balik ke negara timur,” tambahnya.

Menurut Emil, kondisi tersebut yang akhirnya mengakibatkan terjadinya gangguan, sehingga kontainer terhenti. “Akhirnya, kontainer-kontainer ini mandek, dan inilah yang kemudian ini mengakibatkan gangguan. Tapi, diperparah juga bahwa tiap tahun itu biasanya antara Natal sampai Imlek biasanya ada periode dimana China dengan Amerika lagi sering-seringnya mengirimkan barang, akhirnya perdagangan intra asia menjadi agak terhambat,” jelas suami Arumi Bachsin tersebut.

Di sisi lain, Emil bersyukur karena pelaku usaha di Jawa Timur manyikapi situasi ini dengan baik. Orang nomor dua di Jawa Timur tersebut juga, berterima kasih kepada TPS karena telah memberikan stimulus bagi pelaku usaha, sehingga ada kemudahan dalam pembayaran yang lebih fleksibel.

“Stimulus yang diberikan TPS mampu menggairahkan pelaku usaha, sebagai bukti ternyata dibanding januari 2020, di 2021 ini sudah terjadi pertumbuhan mencapai di atas 12 persen untuk ekspor maupun impornya, yang artinya harusnya lancar,” ujar Emil.

Hal tersebut dibenarkan oleh Dothy Dirut TPS bahwa ada dua macam stimulus yang diberikan TPS bagi pelaku usaha. “Ada dua macam stimulus, kami memberikan tambahan 30 hari kepada pengguna jasa untuk melakukan pembayaran kemudian terkait masa storage kontainer,” ungkap Dothy.

“Jadi, bagi eksportir maupun importir, terdapat tambahan hari free storage untuk menumpuk di terminal,” tambah Dirut yang sudah menjabat dua tahun lebih tersebut. (tok/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar