Politik Pemerintahan

Harapan Bupati Anas Kepada 6 Menteri Baru, Khususnya Pariwisata

Banyuwangi (beritajatim.com) – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengucapkan selamat bekerja, kepada 6 menteri baru pemerintahan saat ini. Anas menyebut, sejumlah menteri yabg dilantik memiliki track record yang baik.

“Selamat bekerja. Ini menjadi harapan baru bagi Indonesia. Mereka yang dilantik merupakan figur-figur terbaik di Indonesia. Kami berharap mampu mengemban tugas yang berat ditengah pandemi Covid-19,” ungkap Bupati Anas, Kamis (23/12/2020).

Kepada mereka, Anas memiliki pesan tersendiri. Khususnya, terhadap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) baru, Sandiaga Salahudin Uno untuk untuk pariwisata Indonesia kedepan. “Tentu kami berharap agar Kemenparekraf memberikan ruang bagi pemerintah daerah. Dengan inovasi, pemerintah daerah akan mensuport program-program Kemenparekraf,” terangnya.

Anas menilai, berapapun anggaran yang digelontorkan untuk sektor pariwisata tidak akan cukup untuk membangkitkan kunjungan wisata. Peran serta pemerintah daerah dengan inovasi dan atraksi wisatanya akan menambah kazhanah bagi destinasi wisata.

“Inovasi daerah penting Jakarta (pemerintah pusat) meski memberikan anggaran berapa pun, kalau tidak ada keterlibatan pemerintah daerah yang tidak akan jalan,” katanya.

Pesan lainnya, kata Anas, ada 5 destinasi wisata super prioritas harus segera terwujud. Salah satunya, Labuan Bajo yang digerojok anggaran luar biasa untuk pembangunan infrastruktur. Namun belum ada atraksi wisata yang menarik. Hal ini akan berpengaruh dengan kunjungan wisata di daerah itu. “Tentu pengharapan kami, daerah juga diperhatikan. Disisi lain, pemerintah daerah di lokasi itu juga harus siap,” imbuhnya.

Meski demikian, dirinya mengakui Menparekraf yang baru memiliki bebab berat di tengah pandemi Covid-19. Namun, dengan ikhtiar membangun bersama pemerintah daerah, dengan bangkitnya sektor pariwisata bisa menunjang perekonomian masyarakat. “Kita yakin ada kekuatan bagi keterlibatan daerah untuk membangkitkan pariwisata. Karena sektor ini bisa langsung menyentuh masyarakat,” pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo telah melantik 6 orang menteri baru di Kabinet Indonesia Maju. Para menteri diharapkan mampu berkiprah lebih baik lagi untuk pembangunan Indonesia, khususnya menghadapi pandemi COVID 19 saat ini.

Enam menteri itu adalah Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Perdagangan M Lutfi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, serta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (rin/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar