Politik Pemerintahan

Hanya 1 Paslon Independen Serahkan Berkas Dukungan Minimal ke KPU Kabupaten Mojokerto

Mojokerto (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mojokerto menutup penyerahan berkas syarat dukungan minimal bagi calon perseorangan atau independen dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) Mojokerto, Minggu (23/2/2020) pukul 00.00 WIB. Hanya satu pasangan independen yang menyerahkan berkas syarat dukungan minimal yakni pasangan Subagya Martasentana-Abdi Subhan.

Komisioner KPU Kabupaten Mojokerto, Divisi Teknik, Achmad Arif mengatakan, dari empat calon independen yang menerima user name dari KPU Kabupaten Mojokerto, sampai pukul 00.00 WIB hanya satu calon atas nama Subagya Martasentana-Abdi Subhan. “Keduanya menyerahkan berkas syarat dukungan minimal sebanyak 63.395,” ungkapnya, Senin (24/2/2020).

Sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pancalonan serta Surat Keputusan KPU Nomor 82 tentang pencalonan kepala daerah perseorangan, calon independen wajib mengantongi dukungan minimal 62.338 orang. Jumlah dukungan itu memiliki sebaran 50 persen wilayah Kabupaten Mojokerto atau sebarannya minimal di 10 kecamatan di Kabupaten Mojokerto.

Sementara itu, Abdi Subhan mengaku, cukup kesulitan untuk memenuhi syarat dukungan minimal yang diberikan KPU Kabupaten Mojokerto. “Buka soal memilih atau tidak memilih tapi untuk memenuhi persyaratan dengan sistem yang ada sekarang ini, ada sedikit kesulitan. Memacu kerja keras dan alhamdulillah kami kemarin harap-harap cemas pada waktu yang ditentukan bisa memenuhi,” katanya.

Menurutnya, syarat dukungan minimal tersebut relatif lebih sulit dibanding pada Pilbup Mojokerto 2015 lalu. Karena syarat dukungan harus berbentuk silon dan fisik. Saat memasuki ke silon banyak kendala, seperti internet lemot. Namun pihaknya optimistis syarat dukungan minimal tersebut sesuai dengan yang diminta KPU Kabupaten Mojokerto yang sebanyak 62.338 orang.

“Optimis memenuhi karena kita menyerahkan melebih dari syarat dukungan minimal yang diminta KPU Kabupaten Mojokerto yakni sebanyak 63.395. Tadi malam, tepat pukul 24 malam sudah kita serahkan dan jumlahnya tersebar di 18 kecamatan,” jelasnya.
Sebelumnya, KPU Kabupaten Mojokerto telah membuka pendaftaran bagi calon kepala daerah independen sejak dua bulan lalu. Selama masa pendaftaran dan pengambilan formulir, tercatat tujuh bakal pasangan calon yang mengambil formulir pendaftaran. Dari tujuh bakal pasangan calon kepala daerah itu, empat di antaranya telah mendaftarkan orang yang menjadi operator Silon.

Operator itu diperlukan untuk memasukkan berkas dan jumlah syarat dukungan. Empat pasangan tersebut yakni, Subagya Martasentana-Abdi Subhan, Edi Weliang-Eka Setya Hari Suci, Daimatul Alfiah-Ismail, dan Supardi-Aslikhatul Mahmudah. Dari keempat pasangan tersebut, hanya pasangan Subagya Martasentana-Abdi Subhan yang menyerahkan berkas syarat dukungan minimal ke KPU Kabupaten Mojokerto. [tin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar