Politik Pemerintahan

Hadiri HUT ke-64 LVRI, BHS Minta Pemerintah Perhatikan Tunjangan Veteran

Politisi Partai Gerindra yang juga anggota DPR RI periode 2014-2019, Bambang Haryo Soekartono (BHS)

Surabaya (beritajatim.com) – Politisi Partai Gerindra yang juga anggota DPR-RI periode 2014-2019, Bambang Haryo Soekartono (BHS) bersama Dirut PT Dharma Lautan Utama (DLU) Erwin H Poedjono menghadiri tasyakuran Peringatan HUT ke-64 Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) di Markas Cabang LVRI Kota Surabaya, Jalan Mastrip Surabaya, Selasa (16/3/2021).

Kedatangan BHS disambut hangat Ketua DPC Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Surabaya, Brigjen TNI (Purn) Subagyo Rachmad bersama puluhan anggota LVRI yang ada. Acara yang digelar sederhana ini juga diwarnai dengan pemotongan tumpeng nasi kuning.

“Jadi, kita kembali ke 64 tahun yang lalu, di situ berkumpul para pejuang yang belum punya wadah. Terus mendeklarasikan wadah yang namanya Legiun Veteran Republik Indonesia. Wadah ini diperkuat dengan SKEP-nya Presiden RI Soekarno menjadi tumpuan dan naungan para veteran yang telah bertempur mulai tahun 1945 hingga 1949. Kemudian, diperkuat dengan UU  nomor 15 tahun 2012 yang menyatakan, yang masuk wadah ini adalah veteran pejuang, veteran pembela kemerdekaan, veteran perdamaian dan veteran anumerta,” kata Ketua DPC LVRI Kota Surabaya, Brigjen TNI (Purn) Subagyo Rachmat.

Pihaknya bersyukur dengan kehadiran BHS pada acara peringatan HUT ke-64 LVRI. “Kami sudah bersahabat sejak lama. Mas Bambang Haryo ini berjuang di transportasi angkutan laut. Perusahaan beliau sangat survive melayani penyeberangan Ujung-Kamal, ketika ada Jembatan Suramadu muncul. Sehingga, PT Dharma Lautan Utama (DLU) sekarang menjadi perusahaan angkutan laut yang terus membesar,” tuturnya.

Sementara itu, BHS mengucapkan selamat HUT ke-64 LVRI. Pihaknya melalui PT DLU mendukung veteran dengan tetap memberikan diskon sebesar 40 persen di angkutan penyeberangan bagi veteran sejak era Ketua Umum DPP LVRI, Letjen TNI Purn Rais Abin.

“Kami satu-satunya di transportasi laut yang memberikan diskon kepada veteran. Saya juga selalu menginginkan untuk membantu para veteran ini, karena terus terang hak-hak dari veteran ini masih belum sepenuhnya diterima. Seperti tunjangan veteran yang masih kurang 25 persen. Saya akan perjuangkan, agar terealisasi dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Kami juga mendorong untuk fasilitas kesehatan dan termasuk juga tempat pemakaman bagi veteran. Hampir semua taman makam pahlawan sudah melebihi kapasitas,” jelasnya.

BHS juga berharap kepada pemerintah daerah agar memanfaatkan tenaga dari para veteran. Ini karena para veteran memiliki pemahaman dan wawasan yang luar biasa tentang NKRI. “Mereka bisa memperkuat pertahanan sipil dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang menjaga keutuhan NKRI,” pungkasnya. (tok/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar