Politik Pemerintahan

Jelang Kongres PB PMII

Hadiri Debat Kandidat, Ini Pesan Gus Hans

Pengasuh Pondok Pesantren Queen Darul Ulum Jombang Zahrul Azhar Asad atau Gus Hans (kiri), Sabtu (14/3/2020)

Jombang (beritajatim.com) – Pengasuh Pondok Pesantren Queen Darul Ulum Jombang Zahrul Azhar Asad atau Gus Hans hadir di acara pembukaan debat kandidat Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) di Auditorium Unipdu (Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum) Jombang, Sabtu (14/3/2020).

Gus Hans duduk di barisan kursi paling depan. Dia bersebelahan dengan Ketua Umum PB PMII Agus Mulyono Herlambang. Gus Hans berharap kader PMII bisa menjad penerus pada kepengurusan di Nahdlatul Ulama. Para kader tersebut tidak terlibat pada tataran politik praktis, serta tetap menjaga ideologi ahlussunnah dalam konteks pikiran.

“Perdebatan dan pelurusan ideologi itu sangat penting, karena ke depan kader PMII ini menjadi penerus di Nahdlatul Ulama. Sehingga idealisme harus tetap terjaga. Jangan sampai ada kepentingan praktis yang mengakibatkan melenceng dari Ahlussunnah Wal Jamaah,” terangnya.

Bagiamana soal debat 17 kandidat Ketum PB PMII? Gus Hans berpandangan, debat kandidat dengan tema ‘Ideologi Organisasi’ tersebut sangat tepat. Menurutnya, ideologi Ahlussunnah Wal Jamaah harus melekat pada diri kader-kader PMII.

“Begitupun rasa cinta kader yang harus tertanam terhadap organisasi agar tidak membawa kepentingan politik praktis. Kalau sosok calon Ketua Umum PB PMII, yang dibutuhkan saat ini adalah yang mampu merespon kemauan milenial,” kata Gus Hans.

Gus Hans berpesan, bonus demografi bisa menjadi berkah sekaligus ancaman, jika tidak disikapi dengan baik. Nah, PMII memiliki peran penting sebagai organisasi usia produktif yang bisa memberikan saran dan masukan kepada pemerintah. “Harus terbuka terhadap kemajuan zaman,” sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 17 kandidat Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) mengikuti debat yang digelar di Auditorium UNIPDU (Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum) Jombang, Sabtu (14/3/2020). Ini merupakan acara ke-4 dari 6 rangkaian acara debat kandidat ketua umum PB PMII di Indonesia. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar