Politik Pemerintahan

Hadapi Pilkada Serentak 2020, PDIP Konsolidasi Struktur Pengurus Daerah

Sidoarjo (beritajatim.com) – Di hadapan Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto dan rapat kerja daerah (rakerda) di Jawa Timur, ratusan kader dilantik sebagai pengurus badan di Dewan Pengurus Daerah (DPD) PDIP Jawa Timur. Pelantikan itu menandai wujud konsolidasi partai itu menghadapi pilkada serentak 2020 di wilayah itu.

Pelantikan dilaksanakan dalam rapat kerja daerah (Rakerda) DPD PDIP Jawa Timur di Sidoarjo, Selasa (18/2/2020). Di acara itu, mewakili pengurus pusat partai, Hasto hadir bersama kedua wasekjennya, Arif Wibowo dan Sadarestuwati. Hadir juga Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat.

Para pengurus itu terdiri dari sejumlah badan seperti Badan Saksi, Badan Pemenangan Pemilu, Badan Penanggulangan Bencana, hingga Badan Pendidikan dan Latihan di PDIP Jawa Timur. Sebelum dilantik, terlebih dahulu dibacakan surat keputusan DPP PDIP soal pengangkatan mereka oleh Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Oentari. Setelahnya, Sri dan Ketua DPD PDIP Jawa Timur Kusnadi, lalu mengambil sumpah mereka.

Untuk diketahui, di Jawa Timur, ada 19 daerah kabupaten/kota yang akan melaksanakan pemilihan pada tahun ini. Sebagai pemenang pemilu legislatif 2019 lalu, PDIP tentu ingin meraih prestasi maksimal di pilkada serentak 2020 di propinsi tersebut.

Hasto mengatakan bahwa partai menargetkan rekomendasi untuk seluruh calon kepala daerah bisa selesai pada akhir Maret 2020. Maka sembari menunggu hal itu, seluruh pengurus daerah PDIP diwajibkan untuk memperkuat konsolidasi struktural. Dalam artian kepengurusan partai dari tingkat propinsi hingga anak ranting harus segera diselesaikan.

“Sebab sembari menunggu semua rekomendasi kepala daerah, wajib buat kita menyiapkan perencanaan. Lalu pembentukan badan saksi, badan pemenangan, badan penanggulangan bencana, dan lain-lain,” kata Hasto seperti dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (18/2/2020).

Struktur itu disiapkan secepatnya, sehingga ketika rekomendasi calon kepala daerah sudah lengkap, maka struktur partai langsung bisa bergerak. “Kita laksanakan rekomendasi tanpa mempertanyakan, tanpa ada kecuali kita harus siap melaksanakan pemenangannya,” tegas Hasto.

Secara khusus, Hasto mengingatkan bahwa momentum pilkada serentak 2020 adalah satu tarikan napas dengan pemilu 2024 yang dianggap sebagai tahun regenerasi kepemimpinan nasional. Maka dari itu, struktur PDIP hingga tingkat anak ranting sekalipun harus memulai regenerasi kepemimpinan itu.

Ketua DPD PDIP Jawa Timur, Kusnadi, di hadapan peserta rakerda yang terdiri dari pengurus partai, anggota DPRD, hingga para kepala daerah, menyerukan agar semua bekerja keras bersama demi memenangkan pilkada serentak 2020. “Jawa Timur adalah kandang PDI Perjuangan. Maka mari kita lakukan kerja ini bersama-sama,” kata Kusnadi. (hen/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar