Politik Pemerintahan

Hadapi New Normal Melalui Model Tematik

Bupati Pamekasan, Badrut Tamam.

Pamekasan (beritajatim.com) – Bupati Pamekasan, Badrut Tamam memgupayakan penerapan model tematik menyongsong adanya rencana normal baru (new normal) di tengah pandemi virus corona alias Covid-19, khususnya di wilayah Pamekasan.

Rencana pelaksanaan model tematik tersebut, yakni penerapan dengan mempraktikkan sesuai dengan tema masing-masing bidang. Khususnya untuk berbagai area fasilitas publik, termasuk perkantoran hingga lembaga pendidikan.

New normal ini nantinya akan dilaksanakan dalam model tematik, misalnya ada pasar, perkantoran, pemerintahan, pendidikan, transportasi, pertokoan, perhotelan dan lainnya,” kata Bupati Pamekasan, Badrut Tamam, Minggu (28/6/2020).

Apalagi saat ini Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Pamekasan, melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing, sudah melakukan berbagai langkah dan upaya untuk mempersiapkan program menyongsong era new normal.

“Salah satu contoh tentang tata laksana protokol Covid-19 di pasar tradisional, misalnya jadwal buka kios bisa dilakukan bergantian, menjaga jarak antar penjual hingga mengharuskan penjual maupun pengunjung agar selalu menggunakan masker,” ungkapnya.

Bahkan untuk menerapkan gagasan tersebut, pihaknya juga sudah menyiapkan tempat cuci tangan lengkap dengan berbagai perlengkapan lainnya di pintu masuk sejumlah pasar tradisional. “Tidak hanya itu, semua toko maupun pusat perbelanjaan juga diwajibkan untuk menyediakan tempat cuci tangan dengan air mengalir,” jelasnya.

“Termasuk juga untuk bidang transportasi umum, sistem jaga jarak (physical distancing) juga harus diterapkan. Dalam regulasi dijabarkan jika transportasi hanya boleh menampung 50 persen dari kapasitas kendaraan,” sambung Ra Badrut.

Namun demikian, pihaknya tetap selalu mengajak masyarakat untuk selalu disiplin menerapkan pola hidup bersih dan sehat sebagai langkah antisipatif, sekaligus upaya mencegah penyebaran wabah virus corona. “Saat ini yang dibutuhkan adalah dukungan dan komitmen dari semua lapisan masyarakat,” tegasnya.

“Dari itu mari kita selalu menerapkan pola hidup disiplin, selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta selalu mematuhi protokol kesehatan. Seperti rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, selalu jaga jarak, selalu mengenakan masker dan ketentuan lainnya,” pungkasnya. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar