Politik Pemerintahan

Gus Syaikul Distribusukan Mesin Pompa Air BBG ke Petani Porong Sidoarjo

Sidoarjo (beritajatim.com) – Anggota Komisi VII DPR RI H Syaikhul Islam Ali (Gus Syaikul) mendistribusikan 119 mesin pompa air konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG) kepada para petani di Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) Porong.

“Ini adalah converter kit (perangkat konversi) untuk keperluan para petani. Converter kit ini alat untuk konversi penggunaan premium atau BBM ke gas,” kata H Syaikhul Islam Ali usai acara penyerahan, Selasa (3/11/2020).

Gus Syaikhul menambahkan, bantuan ini merupakan program Kemitraan Kementerian ESDM dan Komisi VII DPR RI. Program ini mengajak para petani Sidoarjo beralih menggunakan bahan bakar gas (BBG), karena lebih efisien  dibandingkan memakai bahan bakar minyak (BBM).

Gas lebih efisien sekitar 40 persen jika dibandingkan dengan menggunakan BBM. Gas elpiji 3 kilogram ini ekuivalen dengan 5 liter BBM.

“Dengan BBG, jauh lebih ramah lingkungan. Kita kan sudah memasuki renewable energy (energi terbarukan) dan clean energy (energi bersih),” tambah politisi PKB itu menjelaskan.

Masih kata Guss Syaikhul, selain mesin pompa air, untuk mesin jenis traktor untuk pertanian, arahnya juga akan menggunakan BBG.

“Selama ini traktor memang masih pakai solar. Arahnya nanti, traktor juga akan menggunakan BBG,” pungkas pria yang terpilih sebagai DPR RI di Pileg 2014-2019 dan 2019-2024 itu. (isa/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar