Politik Pemerintahan

Pemilihan Presiden 2019

Gus Sholah: Siapa pun yang Diputuskan KPU Harus Kita Dukung

KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah

Jombang (beritajatim.com) – Dinamika politik yang menghangat usai pemilihan presiden (pilpres) memantik perhatian pengasuh pondok pesantren Tebuireng Jombang KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah. Untuk itu, Gus Sholah, menghimbau agar kedua pendukung paslon yang bertarung dalam pilpres tidak perlu bersitegang.

“Kita tunggu saja keputusan KPU. Karena tidak lama lagi kita akan tahu keputusan KPU terkait siapa yang unggul dalam pilpres 17 April 2019. Dan siapa pun yang diputuskan KPU harus kita dukung,” ujar mantan Wakil Ketua Komnas HAM ini, Rabu (14/4/2019).

Bagaimana jika ada pihak yang tidak setuju dengan keputusan KPU? Gus Sholah menyarankan, kalau ada pihak yang tidak setuju dengan keputusan KPU bisa mengajukan gugatan ke MK (Mahkamah Konstitusi). “Soal ketidakpuasan pasti ada. Nah, itu bisa mengajukan gugatan ke MK,” lanjutnya.

Gus Sholah juga menyoroti kemungkinan adanya pihak yang melakukan pengerahan massa karena tidak menerima keputusan KPU. Menurutnya, jika jumlah massa yang turun sepuluh hingga dua puluh ribu tidak menjadi masalah.

Namun jika jumlah massa mencapai ratusan ribu seperti aksi 212, itu bisa menjadi masalah. “Hal seperti itu perlu dipikirkan oleh pemerintah. Mudah-mudahan saja semua pihak bisa menerima,” kata adik kandung KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar